Klik bsu.kemnaker.go.id untuk Cek Status BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 12:39 WIB
Infografis BSU Rp 1 Juta
Foto: Infografis detikcom/Mindra Purnomo
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji atau subsidi upah (BSU) Rp 1 juta. Pekerja atau buruh dapat mengecek status penerima subsidi gaji di kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Penyaluran BSU atau BLT subsidi gaji Rp 1 juta itu sendiri telah diatur dalam Peraturan Menaker Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Covid-19.

Meski demikian, tidak semua pekerja dapat menerima bantuan ini. Sesuai kriteria Permenaker RI Nomor 16 Tahun 2021, yaitu sesuai syarat penerima BLT subsidi gaji atau BSU sebagai berikut:
- Warga negara Indonesia (memiliki NIK)
- Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021
- Memiliki upah maksimal Rp 3,5 juta per bulan.
- Pekerja di wilayah PPKM level 4 dan 3 yang ditetapkan pemerintah
- Diutamakan bagi pekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri properti dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali pekerja di sektor pendidikan dan kesehatan.

Penyaluran program BSU Rp 1 juta yang dilakukan sejak Agustus 2021 ini direncanakan akan selesai hingga akhir Oktober 2021. Subsidi gaji Kemenaker tersebut disalurkan pemerintah melalui bank BUMN atau Himbara (Himpunan Bank Negara) seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.

Selain itu, bagi mereka yang tidak memiliki rekening di bank Himbara, maka cara mencairkan BLT subsidi gaji atau BSU Rp 1 juta yaitu melalui pembukaan rekening kolektif atau burekol. Pencairan lewat rekening kolektif dapat dilakukan oleh penerima BLT subsidi gaji atau BSU yang tidak memiliki rekening di Himbara atau himpunan bank negara.

Berikut cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji atau BSU Rp 1 juta. Cara cek status penerima BLT subsidi gaji atau BSU dapat dilakukan lewat situs Kemnaker, BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK), WhatsApp, dan HRD.

1. Cara Cek Penerima BSU Rp 1 Juta di Kemnaker.go.id

- Buka kemnaker.go.id
- Buat akun dan lengkapi pendaftaran
- Aktivasi akun menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor HP
- Login dengan akun yang dibuat dan lengkapi profil hingga lokasi
- Cek notifikasi. Penerima BSU akan mendapat notifikasi setelah terdaftar sebagai penerima

2. Cara Cek Status Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 1 juta di BPJS Ketenagakerjaan

- Buka bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id
- Pilih Menu, cek Status Calon Penerima BSU
- Masukkan NIK, nama lengkap sesuai KTP, dan tanggal lahir
- Tandai centang lalu pilih lanjutkan untuk melihat hasil status

Keterangan di layar bagi penerima BLT subsidi gaji adalah "Anda lolos verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verfikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021."

Sementara itu, keterangan di layar bagi pendaftar yang memasuki tahap verifikasi yaitu "Data Anda sedang dalam proses verifikasi sesuai kriteria Permenaker Nomor 16 tahun 2021."

3. Cara Cek Status Penerima BLT Subsidi Gaji atau BSU Rp 1 Juta di WhatsApp

- Simpan nomor 0813-8007-0175 dalam kontak atau buka link http://wa.me/6281380070175 , lalu kirim pesan
- Calon penerima BLT subsidi gaji akan mendapat balasan. Pilih topik Informasi Calon Penerima BSU 2021 dengan ketik angka 5 dan kirim
- Balas pertanyaan apakah sebagai calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan dengan ketik Ya.
- Kirim nomor kepesertaan

Penerima BLT subsidi gaji atau BSU Rp 1 juta dapat menghubungi HRD perusahaan untuk mengetahui jadwal aktivasi rekening baru secara kolektif di perusahaan. Nah, itu dia cara mencairkan BLT subsidi gaji atau BSU Rp 1 juta di situs Kemenaker. Semoga berhasil ya, detikers!

(das/das)