Gaet Investor, Ridwan Kamil Pakai Jurus Ketok Pintu

Wisma Putra - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 15:54 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Pemprov Jabar: Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar Herawanto menyebut, pihaknya terus mendorong investasi di Jawa Barat.

"Jawa Barat ini komponen investasi nomor dua setah konsumsi, tapi selalu dari sebelum pandemi bagaimana pun daerah industri, infrastruktur yang baik mendorong investasi dari luar dan dalam negeri," ujarnya.

"Dukungan ada banyak, tapi kami tentunya BI Jawa Barat sendiri berfungsi sebagai regional investor unit yang bentuk nasionalnya juga ada dan level global juga ada, level lokal kami lakukan berbagau support apakah itu informasi, kajian dan sebagainya mendorong investor bisa hadir di daerah," jelasnya.

Pihaknha turut menekankan pentingnya pemerataan investasi antara Jabar bagian utara dan selatan dalam rangka mendorong resiliensi dan inklusivitas pertumbuhan ekonomi Jawa Barat.

"Di kawasan utara, potensi investasi Jawa Barat terkait dengan proyek Segitiga Rebana yang kompleks dan canggih yang dirancang untuk menjadi kawasan dengan beberapa smart city metropolitan dan kawasan industri yang dikelilingi oleh infrastruktur penting pendukung seperti Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan jalan tol," tuturnya.

"Di kawasan selatan, investasi Jawa Barat diarahkan pada berbagai proyek ekonomi hijau (green economy) yang terdiri dari proyek sektor pariwisata serta proyek sektor pertanian. Secara khusus, proyek-proyek tersebut diharapkan akan menjawab keprihatinan penting investor global tentang masalah ekonomi hijau (green economy) akibat perubahan iklim yang dialami secara global," pungkasnya.


(wip/hns)