Ridwan Kamil Jaring Investor Garap Jabar Utara & Selatan

Wisma Putra - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 18:24 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Dok. Pemprov Jabar: Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi membuka 3rd West Java Investment Summit 2021 yang digelar Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Pemprov Jabar melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

WJIS 2021 ini mengusung tema "Navigating Post-Covid World: Investment Growth for Resilient West Java", yang diikuti oleh lebih dari 1.500 investor, 13 project owners dan strategic partners.

Gelaran WJIS 2021 diselenggarakan pada 21-22 Oktober 2021 dengan rangkaian kegiatan MoU signing, talk show, project presentation, market sounding dan one on one meeting, serta investment award.

Ridwan Kamil akan menawarkan kawasan Jabar Utara dan Jabar Selatan kepada para investor. Seperti diketahui, Jawa Barat merupakan provinsi kontributor terbesar ketiga bagi perekonomian Indonesia.

Salah satu elemen penting dalam mendorong perbaikan ekonomi dan mendukung pencapaian resiliensi ekonomi Jawa Barat adalah investasi. Sumbangan investasi terhadap perekonomian Jawa Barat mencapai 24,88% dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau komponen kedua terbesar setelah konsumsi.

Terbatasnya mobilitas masyarakat secara praktis telah mengganggu tidak hanya kegiatan sosial masyarakat tetapi juga aktivitas ekonomi produktif. Dampak selanjutnya antara lain penurunan produktivitas dan pendapatan, penutupan industri dan pariwisata, peningkatan pengangguran, sehingga pertumbuhan ekonomi nasional dan Jawa Barat terkontraksi selama 4 kuartal hingga triwulan I 2021.

Berlanjut ke halaman berikutnya. Langsung klik halaman kedua