Pasar Tani Goes to Mall Dinilai Dekatkan Petani ke Konsumen

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 17:06 WIB
Pasar Tani Goes to Mall Dinilai Dekatkan Petani ke Konsumen
Foto: Dok. Kementan
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Pasar Tani Goes to Mall. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kegiatan ini merupakan media untuk mempromosikan produk pertanian lokal, sekaligus mendekatkan produsen dan konsumen dalam hal penyediaan bahan pangan.

Dalam kunjungannya di Green Sedayu Mall, Jakarta Barat pada Kamis (21/10) Syahrul menyampaikan respons dan tanggapan pengunjung terhadap produk yang ada menjadi tolak ukur bagaimana prospek dan potensi pasar pertanian ke depan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pengelola mall-mall yang ada, yang sudah bekerja sama bersama Kementerian Pertanian menampung atau menjadi show window produk pertanian. Saya lihat, antusiasme begitu tinggi," kata Syahrul dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Syahrul menilai Pasar Tani Goes to Mall menjadi peluang, terutama bagi petani milenial dalam membangun jaringan pasar. "Jadi, produk pertanian terutama hortikultura diuji dari mal ke mal. Terutama bagi mereka yang punya tekad untuk melakukan ekspor. Memperluas jaringan pasar luar negeri," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, Syahrul berharap akan muncul produk unggulan hortikultura yang berkualitas dan memiliki standar untuk ekspor.

"Kita berharap, siapa saja yang terjaring, yang memiliki kualitas produk yang bagus, bisa ikut mengikuti food test di 10 negara," tuturnya.

Sementara itu, Titi Rumsiti, salah satu peserta yang juga merupakan Ketua Pasar Tani Kabupaten Bandung ini menjual kentang, terong belanda, timun, paprika, dan cabai dalam kegiatan ini. Menurut Titi, untuk jangka panjang, event Pasar Tani Goes to Mall sangat membantu mempertemukan pihaknya dengan para eksportir.

"Acara ini harapannya untuk mendapatkan pembeli dalam jumlah besar. Alhamdulillah setelah beberapa kali mengikuti, sebelumnya pernah di Mall of Indonesia, juga pernah di Yogyakarta, saya mendapatkan pembeli, eksportir sayuran," kata Titi yang memiliki anggota 180 petani.

Diketahui, Pasar Tani Goes to Mall Farm Festival menghadirkan petani milenial dengan produk kualitas global dan beragam komoditas, seperti buah, sayuran, tanaman hias hingga buah.

Salah satu peserta lainnya, Aji Lesmana mengaku sudah mengikuti Pasar Tani Goes to Mall selama 3 bulan. Pria berusia 20 tahun ini tak hanya rajin mengikuti event yang dihelat Kementan yang bekerja sama dengan pengelola mall. Namun juga membuka gerai di Mall of Indonesia dengan menjual aneka tanaman hias yang rata-rata omzet per harinya mencapai Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta.

"Selain di sini, sebelumnya saya mengikuti pasar tani di Baywalk Mall, Pluit. Paling laris diminati pembeli bunga lili, peacock, aster dan mawar," ujar Aji.

(akd/hns)