Kementerian BUMN Buka-bukaan Opsi Garuda Diganti Pelita Air

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 24 Okt 2021 20:50 WIB
Garuda Ganti Jubah Tema Vaksin COVID-19
Foto: Dok. Garuda Indonesia
Jakarta -

Kementerian BUMN buka-bukaan mengenai opsi Garuda Indonesia digantikan oleh Pelita Air. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan bahwa prioritas pemerintah adalah menyelamatkan Garuda Indonesia.

"Ini Garuda ini sebenarnya kita lagi proses negosiasi. Jadi mudah-mudahan negosiasinya berhasil," katanya kepada wartawan, Minggu (24/10/2021).

Dia menjelaskan cuma dengan cara itu lah Garuda Indonesia bisa tetap hidup. Arya belum mau bicara banyak mengenai opsi Pelita Air menggantikan Garuda Indonesia.

"Soal opsi mengenai Pelita itu nanti lah ya. Yang utama sebenarnya adalah kita sekarang ini berusaha, terus berjuang dan untuk bisa bernegosiasi dengan para lessor, pihak-pihak yang memiliki piutang dengan Garuda, itu yang utama dan opsi itu yang pertama ya, kita dahulukan," jelasnya.

Menurutnya kondisi Garuda Indonesia harus dilihat secara rasional, dan sebisa mungkin harus diselamatkan dengan cara negosiasi dengan para lessor.

"Kalau negosiasinya gagal baru kita akan cari opsi lain dan kita akan carikan cara-cara, langkah-langkah untuk supaya kita tetap memiliki, BUMN ini tetap memiliki pesawat airline lah. Jadi kita tunggu saja bagaimana kondisi negosiasi kita," tambahnya.

Lihat juga video 'Perusahaan Penerbangan Indonesia Kurangi Jumlah Pesawat':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/dna)