Sederet Keanehan yang Picu Tudingan PCR Akal-akalan Cari Cuan

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 13:42 WIB
Tes PCR
Foto: Ilustrasi: iStock

Hasil Tes Keluar Lebih Cepat

Aspek lain yang memicu kecurigaan masyarakat adalah durasi terbitnya hasil tes PCR yang bisa sangat instan hanya 3 jam. Itu setidaknya tersedia di layanan RT-PCR drive thru Airport Health Center di Terminal 3.

"Khusus bagi calon penumpang pesawat yang melakukan tes di layanan RT-PCR drive thru Airport Health Center di Terminal 3, dan menunjukkan tiket penerbangan pada hari yang sama dengan tes, maka dapat mengetahui hasil tes RT-PCR dalam waktu kisaran 3 jam setelah sampel diambil," kata SM of Branch Communication & Legal Badar Soekarno-Hatta M. Holik Muardi melalui keterangan tertulis yang diterbitkan Minggu (24/10/2021) kemarin.

Padahal, sebelumnya hasil tes PCR baru bisa keluar setelah 1x24 jam.

Pun, dengan hasil yang bisa keluar instan, biaya layanan yang diberikan di layanan RT-PCR drive thru Airport Health Center di Terminal 3 sama, yakni Rp 495.000.

Kondisi ini berbeda dengan kebijakan sejumlah rumah sakit yang menyediakan hasil instan dengan biaya layanan yang diberikan lebih mahal.

Di sini lah kecurigaan kedua timbul. Berapa sebenarnya waktu standar yang dibutuhkan untuk memproses data pasien hingga hasil tes PCR-nya keluar?

Buka halaman selanjutnya.