Demo Tuntut Kenaikan Upah, Buruh Diterima Masuk ke Kantor Anies

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 11:50 WIB
Demo Tuntut Kenaikan Upah, Buruh Diterima Masuk ke Kantor Anies
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) hari ini melakukan aksi turun ke jalan. Salah satu tuntutannya adalah meminta kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2022 sebesar 7-10%. Aksi diikuti oleh ratusan buruh di depan kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (26/10/2021), perwakilan buruh dipersilakan masuk ke dalam kantor Anies untuk menyampaikan aspirasinya. Namun detikcom tak mengetahui siapa perwakilan dari Pemprov DKI Jakarta yang ditemui perwakilan buruh.

"Kita diminta siapkan 7 perwakilan untuk masuk ke dalam Balai Kota," kata Ketua Divisi Aksi Garda Metal DKI Jakarta, Rifqi Mubarok saat berorasi di atas mobil box.

Demo Tuntut Kenaikan Upah, Buruh Diterima Masuk ke Kantor AniesDemo Tuntut Kenaikan Upah, Buruh Diterima Masuk ke Kantor Anies Foto: Trio Hamdani

Para buruh berharap bahwa para kepala daerah memiliki keberanian untuk memutuskan kebijakan yang berpihak kepada kaum buruh, salah satunya mengenai upah minimum tahun depan.

"Kita harap ada hasil terbaik terkait suara buruh Jakarta. Kita harap pimpinan punya keberanian untuk memutuskan kebijakan yang berpihak kepada kita semua," jelas dia.

Selagi perwakilan buruh menghadap ke dalam kantor Anies, aksi buruh di depan Balai Kota dihentikan sementara.

"Kita istirahat sampai setengah satu (12.30)," tambah Mubarok.

(toy/eds)