Viral Spanduk Parkir Gratis di Bekasi, Ini Kata Indomaret

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 14:00 WIB
Toko swalayan Indomaret. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Dikhy Sasra/detikcom
Jakarta -

Viral Indomaret di Bekasi berani menggratiskan uang parkir. Jika ada pungutan liar (pungli) dan merasa dirugikan, pihaknya meminta pengunjung melaporkan ke Polsek terdekat.

"Parkir Gratis. Khusus konsumen Indomaret, apabila ada pihak meminta uang parkir dan Anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke Polsek terdekat," bunyi kalimat di spanduk yang dipasang di depan Indomaret itu, dikutip dari akun @RDNADN, Rabu (27/10/2021).

Menanggapi itu, Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan kebijakan Indomaret di Bekasi itu merupakan hasil koordinasi dengan Pemda dan kepolisian setempat.

"Itu hasil koordinasi dengan Pemda dan kepolisian," kata Wiwiek kepada detikcom.

Spanduk itu dibuat bertujuan agar pengunjung Indomaret lebih nyaman. "Agar konsumen lebih convenience," tutur Wiwiek.

Tidak semua Indomaret di seluruh Indonesia memasang spanduk seperti itu. Apakah kamu setuju jika ini diberlakukan merata?

Akun @Ma**siatuwa merespons bahwa kerja tukang parkir Indomaret terlalu mudah dibanding usaha pencari nafkah lainnya. Lagi pula tukang parkir di minimarket, menurutnya tidak mengamankan helm ketika hujan. Konsumen juga hanya singgah sebentar tidak sampai 30 menit.

Di sisi lain ada juga yang mengkritik jika minimarket menggratiskan parkir. Akun @A**maulana0 misalnya, mengajak warga pengunjung Indomaret di mana pun berpikir mengenai kondisi ekonomi tukang parkir jika semua parkir Indomaret digratiskan.

Akun @ma**utmerahati juga merasa sedih jika semua parkir Indomaret digratiskan. Konsumen hanya perlu mengeluarkan Rp 2 ribu untuk tukang parkir yang butuh menafkahi keluarganya. Jika kebijakan itu diperluas ke seluruh Indomaret atau minimarket lainnya, entah bagaimana nasib tukang parkir semacam itu selanjutnya.

"Ko sedih ya.. padahal cuma 2ribu gitu. Dia juga kaga mau kaliii jadi kang parkir. Tp kan dgn cara itu dia bisa ngehidupin dan ngebiayain keluarga dan anak2nya. apa salahnya sih, saling membantu," cuitnya.

Tonton juga Video: Wanita Malah Marah saat Ditegur Parkir Depan Toko Orang, Ini Aturannya

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)