China-Jepang Lewat, Singapura Masih Juara Investasi di RI

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 14:37 WIB
Singapura diketahui siap membuka pintu bagi wisatawan dari Indonesia. Meski begitu, ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan. Apa saja syaratnya?
Foto: Getty Images
Jakarta -

Singapura masih juara pertama sebagai negara yang berinvestasi paling banyak di Indonesia. Pada kuartal III-2021, negara tetangga itu telah berinvestasi sebesar US$ 2,6 miliar di Indonesia. Selanjutnya disusul Hongkong US$ 900 juta, dan Jepang US$ 700 juta.

"Nah Jepang ini menarik ya, kuartal I-kuartal II dia tidak masuk di 3 besar. Ini baru masuk di kuartal ketiga, baru masuk," kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/10/2021).

Urutan keempat dan kelima ditempati masing-masing oleh China US$ 600 juta dan Amerika Serikat US$ 500 juta.

"Kuartal ketiga Amerika sudah mulai masuk. Jadi semakin bagus kompetisi dari belahan dunia masuk ke Indonesia, semakin paten barang ini, dan kita doakan mudah-mudahan dengan implementasi Undang-undang Cipta Kerja ini bisa memberikan dampak positif bagi realisasi investasi di Indonesia," tutur Bahlil.

Jika ditarik Januari hingga September 2021, Singapura masih tetap tak menggeser posisinya di nomor satu dengan investasi US$ 7,3 miliar. Tak mengherankan karena menurut Bahlil, Singapura adalah hub atau gerbang masuk investasi dari negara lain ke Indonesia.

Selanjutnya di urutan kedua Hongkong dengan realisasi investasi Januari-September US$ 3,1 miliar. Disusul China US$ 2,3 miliar, Jepang US$ 1,8 miliar, dan Belanda US$ 1,5 miliar.

Simak Video: 10 Negara Investor Terbesar di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)