Alfamart Buka-bukaan soal Parkir: Pada Dasarnya Gratis!

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 16:41 WIB
Minimarket di Jebres Solo, diduga jadi lokasi OTT Jaksa dan ASN Yogya, Selasa (20/8/2019).
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta -

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) buka-bukaan bahwa seluruh gerainya sebenarnya tidak menerapkan biaya parkir. Pembayaran selama ini diterapkan oleh oknum pungutan liar (pungli).

"Alfamart pada dasarnya tidak memungut biaya parkir kendaraan setiap konsumen yang berbelanja," kata Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin kepada detikcom, Rabu (27/10/2021).

Pihaknya mengaku akan terus berkoordinasi kepada kepolisian, dinas terkait dan tokoh masyarakat setempat untuk membuat pengumuman kesepakatan bebas parkir.

"Intinya kita selalu berusaha meningkatkan pelayanan. Hal-hal tersebut sebagai bentuk pelayanan tentunya harus dikoordinasikan sebelumnya, kita nggak mungkin berani kalau tidak ada kesepakatan," tutur Solihin.

Diakui tidak mudah untuk menghilangkan oknum parkir liar di semua gerai. Meski begitu, pihaknya akan terus mencoba cari solusi terbaik untuk kenyamanan bersama.

"Di beberapa tempat ditemui kendala, untuk itu kami terus mencoba solusi terbaik agar semua toko bisa berlakukan bebas parkir yang tujuannya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan Indomaret di Bekasi dengan tegas menyatakan menggratiskan biaya parkir dengan menuliskan informasi di spanduk. Jika ada pihak yang melakukan pungli, pengunjung diminta untuk melapor ke polsek terdekat.

"Parkir Gratis. Khusus konsumen Indomaret, apabila ada pihak meminta uang parkir dan Anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke Polsek terdekat," bunyi kalimat di spanduk yang dipasang di depan Indomaret itu, dikutip dari akun @RDNADN.

Tonton juga Video: Wanita Malah Marah saat Ditegur Parkir Depan Toko Orang, Ini Aturannya

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)