Damri Bandung Setop Operasi 8 Rute, Cuma 3 yang Masih Jalan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 28 Okt 2021 09:57 WIB
Penerapan e-Tiketing Bus ke Bandara Soekarno Hatta

Perum Damri menggandeng Telkom memperkenalkan layanan e-Ticketing transportasi publik menuju Bandara Soekarno Hatta guna memudahkan masyarakat.
Bus Damri/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Perum Damri menghentikan operasi bus di Bandung mulai hari ini Kamis 28 Oktober 2021. Totalnya ada delapan rute yang berhenti operasi dan tiga rute masih beroperasi.

"Damri Cabang Bandung tidak mengoperasikan sementara 8 rute bus kota, terhitung mulai tanggal 28 Oktober 2021," ungkap Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Sidik Pramono kepada detikcom, Kamis (28/10/2021).

Sidik mengatakan rute bus kota yang ditutup adalah segmen komersial perusahaan. Dia menegaskan Damri Bandung tetap mengoperasikan secara normal segmen-segmen AKDP, AKAP, penugasan Angkutan Perintis, rute BRT Majalaya, dan angkutan Disabilitas.

Adapun 8 rute yang ditutup adalah sebagai berikut:

1. Cicaheum - Cibeureum
2. Ledeng - Leuwipanjang
3. Dipatiukur - Leuwipanjang
4. Elang - Jatinangor via Cibiru
5. Dipatiukur - Jatinangor
6. Kebon Kalapa- TJ Sari
7. Cicaheum - Leuwipanjang
8. Alun- Alun Bandung - Ciburuy

Sedangkan untuk tiga trayek lainnya masih tetap dioperasikan adalah sebagai berikut:

1. Jatinangor - Elang via tol
2. Cibiru - Kebon Kelapa
3. Alun-alun - Kota Baru Parahyangan

Dari informasi yang didapatkan sumber detikcom di internal Damri, sebelum tersebar informasi operasional DAMRI berhenti petugas PAU dan timer pun untuk sementara diliburkan sejak kemarin. Namun, trayek Kota Baru Parahyangan dan Alun-alun Bandung tetap bekerja.

Informasi awal soal berhentinya operasi Damri Bandung tersebar di media sosial Instagram sejak kemarin. Foto pengumuman yang ditandatangani management Damri banyak disebarkan di media sosial.

"BERHUBUNGAN KINERJA KEUANGAN BUS KOTA DAMRI BANDUNG MENGALAMI KERUGIAN DAN KESULITAN BIAYA OPERASIONAL, MAKA TERHIRUNG TANGGAL 28 OKTOBER 2021 SELURUH PELAYANAN BUS KOTA DAMRI BANDUNG UNTUK SEMENTARA BERHENTI OPERASIONAL. DEMIKIAN UNTUK MAKLUM, TERIMAKASIH," tulis pengumuman yang ditandatangani management DAMRI dan dibagikan Instagram @sekitarbandungcom.

Lihat juga video 'Buka Rute Baru, Damri Kendari Siapkan 23 Armada untuk Pemudik':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)