3 Konglomerat RI yang Hartanya Melesat dan Amblas Paling Banyak Hari Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 28 Okt 2021 19:00 WIB
Orang kaya
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta -

Tak sulit buat para konglomerat di Indonesia untuk menambah jumlah hartanya hingga ratusan miliar rupiah dalam sehari. Lewat konglomerasi dan saham yang mereka punya, jumlah hartanya bisa melesat dengan sangat cepat, tapi juga bisa turun cukup jauh hanya dalam semalam.

Mengutip Real Time Billionaires Forbes, Kamis (28/10/2021), berikut deretan konglomerat Indonesia yang berhasil menambah hartanya paling banyak dalam sehari.

1. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Pendiri Emtek, distributor komputer Compaq, Eddy Kusnadi Sariaatmadja, berhasil menambah kekayaannya US$ 22 juta atau setara Rp 312 miliar (kurs Rp 14.213) dalam sehari per Kamis (28/10). Kini kekayaannya mencapai US$ 2,6 miliar atau setara Rp Rp 36,9 triliun.

2. Tahir dan Keluarga

Kekayaan pendiri grup Mayapada, Tahir dan keluarga hari ini tercatat melonjak US$ 6 juta atau sekitar Rp 85 miliar. Kini kekayaan Tahir dan keluarga mencapai US$ 3,4 miliar.

3. Hartono Kweefanus

Pria kelahiran Indonesia ini adalah pimpinan dari perusahaan produsen makanan yang berada di Filipina, Monde Nissin. Kekayaannya hari ini bertambah sebanyak US$ 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar. Jadi, kini total kekayaannya menjadi US$ 1,4 miliar.

Tak cuma berhasil menambah harta dengan sangat banyak dalam sehari, ada pula yang harus menerima hartanya berkurang dalam sehari. Berikut 3 terdalam di antaranya:

1. Prajogo Pangestu

Pengusaha pemilik perusahaan di bidang petrokimia, Barito Pacific Group. Hari ini dia menjadi orang paling rugi di Indonesia, sebab kekayaannya anjlok sebanyak US$ 193 juta setara Rp 2,7 triliun. Kekayaannya sebanyak US$ 5,9 miliar.

2. Michael Hartono

Michael Bambang Hartono yang tercatat sebagai orang terkaya kedua di Indonesia hartanya turun US$ 333 juta atau setara Rp 4,7 triliun per hari ini. Kini kekayaan totalnya menjadi US$ 21,1 miliar.

3. R. Budi Hartono

Sementara R. Budi Hartono, saudara dari Michael Hartono yang menduduki urutan pertama orang terkaya RI menjadi orang paling rugi hari ini. Pasalnya kekayaannya tercatat berkurang sebanyak US$ 347 juta atau setara Rp 4,9 triliun. Kini kekayaannya sebanyak US$ 21,9 miliar, masih lebih banyak dari Michael Hartono.

Saksikan juga: d'Mentor: Awas Manipulasi Robot Trading

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)