Jabar Jaring Investor Timur Tengah Garap Wisata Ciater Rp 1,3 T

Dony Indra Ramadhan - detikFinance
Sabtu, 30 Okt 2021 21:54 WIB
Paviliun Indonesia di ajang World Expo 2020 Dubai.
Ilustrasi/Foto: (dok Kemendag): World Expo 2020 Dubai
Bandung -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengikuti ajang Dubai Expo 2020. Di sana, Jabar menawarkan potensi investasi di sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dedi Taufik menjelaskan Jawa Barat memiliki banyak potensi wisata alam mulai dari pegunungan, air terjun hingga pantai. Potensi-potensi wisata itulah yang ditawarkan Pemprov Jabar kepada investor luar negeri.

"Jawa Barat punya pantai di Pangandaran, lalu ada Kawah Putih, Tangkuban Parahu. Ada pula destinasi buatan seperti taman hiburan, taman Safari atau Jatiluhur. Masih banyak lagi, termasuk budayanya juga. Ada Desa Ciptagelar, tari topeng, angklung. Belum lagi kalau berbicara tentang kuliner. Ini sangat diminati oleh wisatawan, termasuk produk kreatif yang dihasilkan warga Jawa Barat," ujar Dedi dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/10/2021).

Di antara banyak potensi wisata yang dimiliki Jabar, Pemprov Jabar menawarkan investasi pada dua proyek yaitu west java creative market dan Ciater tourism area.

"Ciater itu kurang lebih nilai investasinya Rp 1,3 triliun, sangat menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, karena serapan tenaga kerjanya bisa banyak dan transaksi ekonominya pun tinggi," katanya.

Pihaknya optimistis bisa menjaring investor dari Timur Tengah. Apalagi, hubungan antara Jawa Barat dan UAE baik dalam hal ekspor.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Lihat juga Video: Restoran Hijau dan Asri Ini Cuma 45 Menit dari Jakarta!

[Gambas:Video 20detik]