Top! 'Tangan Kanan' Warren Buffett Sumbang Rp 2,8 T buat Asrama Kampus

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 01 Nov 2021 10:03 WIB
Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah akhirnya tembus ke level Rp 15.000. Ini adalah pertama kalinya dolar AS menyentuh level tersebut pada tahun ini.
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pembangunan asrama besar Universitas California Santa Barbara (UCSB) mendapatkan suntikan dana dari miliarder Charlie Munger. Suntikan dana yang akan diberikan sebesar US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun.

Namun, Munger menetapkan syarat untuk sumbangan tersebut. Dilansir CNN, Senin (1/11/2021), syarat itu adalah pembangunan asrama wajib mengikuti konsep yang ditawarkan Munger.

Munger adalah tangan kanan dari Warren Buffett. Ia diamanatkan menjadi wakil ketua Berkshire Hathaway, perusahaan jasa keuangan yang dibesut oleh Buffet.

Konsep Munger adalah memaksimalkan fungsi ruang bersama pada asrama. Dia merancang 94% kamar penghuni asrama tidak memiliki jendela, namun bagian luar kamar memiliki jendela-jendela besar yang memungkinkan cahaya alami masuk ke ruang tamu bersama.

Dia ingin kamar asrama menjadi kecil dan tanpa jendela untuk mendorong penghuni menghabiskan lebih banyak waktu di luar di area umum, bertemu siswa lain.

Rencana untuk asrama yang bakal dinamakan Munger Hall ini mencakup gedung 11 lantai yang akan menyediakan lebih dari 4.500 tempat tidur untuk mahasiswa sarjana. Setiap lantai akan memiliki delapan kelompok hunian, masing-masing menampung 63 siswa.

Ada delapan suite di setiap rumah, dan setiap suite memiliki delapan tempat tidur kecil serta dua kamar mandi dan ruang bersama.

Namun rencana Munger sempat diprotes oleh arsitek konsultan untuk pembangunan universitas Dennis McFadden. Dirinya langsung mengundurkan diri sebagai protes atas proyek tersebut.

"Konsep dasar Munger Hall sebagai tempat tinggal siswa tidak dapat didukung dari sudut pandang saya sebagai arsitek, orang tua, dan manusia," tulis arsitek California Dennis McFadden dalam surat itu.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Warren Buffett, Orang Terkaya Dunia yang Senang Berdonasi

[Gambas:Video 20detik]