Ketemu Biden di Skotlandia, Jokowi Bawa Pulang 3 'Oleh-oleh'

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 02 Nov 2021 10:10 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunggah momen pertemuan bilateralnya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan Biden dan Jokowi itu berlangsung di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia.
Foto: Instagram/Sekretariat Kabinet
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia. Ada tiga hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Berikut tiga hasil pertemuan antara Jokowi dengan Biden, dikutip dari Instagram @sekretariat.kabinet, Selasa (2/11/2021):

1. Kerja Sama Bidang Kesehatan

Pertama, soal kerja sama RI dan AS di bidang kesehatan selama pandemi. Selama pandemi Indonesia telah menerima stok vaksin melalui mekanisme dose-sharing, ventilator, obat-obatan teurapeutik, hingga alat kesehatan lainnya.

Jokowi mengatakan Indonesia tertarik untuk menjadi bagian dari rantai pasok global di bidang kesehatan melalui pembangunan industri kesehatan Indonesia.

2. Ekonomi Hijau

Kedua, Jokowi menyampaikan pentingnya untuk memperkuat kerja sama ekonomi terutama dalam pengembangan ekonomi hijau.

"Menurut Presiden, Indonesia dapat menjadi mitra kerja sama ekonomi yang handal," tulis keterangan dari @sekretariat.kabinet.

3. Emisi Karbon

Ketiga, terkait komitmen RI dalam menekan perubahan iklim. Jokowi menegaskan Indonesia akan terus komitmen dalam mengurangi emisi karbon.

Hal itu dibuktikan dengan Indonesia yang telah menunjukkan hasil yang baik dalam menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan dan tingkat kebakaran hutan yang berada pada titik paling rendah dalam 20 tahun.

Pembahasan soal presidensi Group of Twenty (G20) Indonesia juga dibahas. Jokowi sangat menghargai dukungan Amerika Serikat terhadap presidensi Indonesia yang mengambil tema "Recover Together, Recover Stronger".

(eds/eds)