ADVERTISEMENT

Deretan Gerai Matahari yang Tutup di Tengah Ganasnya Pandemi

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 03 Nov 2021 05:38 WIB
Satu per satu gerai ritel raksasa harus tutup akibat pandemi COVID-19. Teranyar, Matahari Department Store Tbk (LPPF) resmi menutup gerai yang ada di Pasar Baru.
Gerai Matahari yang Tutup di Pasar Baru/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Tekanan bagi sektor ritel di tahun kedua pandemi COVID-19 masih belum berlalu. PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), salah satu ritel terbesar di Indonesia resmi menutup lagi satu gerai yang ada di Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Senin (1/11).

Alasan dibalik penutupan beberapa gerai itu karena dinilai tidak memiliki kinerja yang bagus terlebih di masa pandemi COVID-19.

"Iya benar. Penutupan tersebut sejalan dengan rencana perseroan sebelumnya yang akan menutup gerai-gerai yang tidak perform," kata Sekretaris Perusahaan Matahari Department Store, Miranti Hadisusilo kepada detikcom, Selasa (2/11/2021).

Tak hanya di Jakarta, manajemen jaringan toko serba ada itu juga memutuskan menutup masing-masing satu gerai di Bogor, Bandung, dan Yogyakarta.

Kabar mengenai rencana penutupan gerai Matahari memang sudah diumumkan sejak lama. Perusahaan mengumumkan akan menutup 13 gerai di tahun 2021.

Selama pandemi COVID-19, Matahari memang dalam kondisi berdarah-darah. Pada 2020 lalu mereka mengalami rugi bersih hingga Rp 617 miliar. Kemudian sepanjang kuartal I-2021, perusahaan mencatatkan rugi bersih Rp 95 miliar.

Kenapa bisa rugi? Cek halaman berikutnya.



Simak Video "Gegara Corona, Matahari Tutup 7 Gerainya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT