Top! 2 Perempuan RI Masuk Daftar Pengusaha Berpengaruh di Asia 2021

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 03 Nov 2021 16:48 WIB
ilustrasi fokus pengusaha wanita muda
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Forbes baru saja merilis daftar 20 pengusaha perempuan yang paling berpengaruh di Asia. Ternyata dua pengusaha asal Indonesia yang masuk daftar tersebut. Siapa mereka?

Dikutip dari Forbes, Rabu (3/11/2021) pada urutan pertama dalam daftar Asia's Power Business Women 2021, ada Co Founder dan President Commissioner, DCI Indonesia, Maria Budiman. Sahamnya di perusahaan bernilai lebih dari US$ 1 miliar.

DCI Indonesia sendiri merupakan operator pusat data terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar lebih dari 50%. DCI juga pusat data Tingkat IV pertama di Asia Tenggara. Kini nilai perusahaan mencapai US$ 7 miliar dan menjadi perusahaan publik paling berharga di Indonesia.

Sebelum berfokus dalam dunia teknologi, perempuan berusia 60 tahun ini bercita cita menjadi seorang bankir. Makanya, saat kuliah dia mengambil jurusan ekonomi bidang keuangan di University of Toronto. Setelah lulus pun dia bekerja di Bank Bali.

Nah, dirinya menemukan bagaimana teknologi membantu bisnis itu pada saat mengambil proyek bank untuk menginstal perangkat lunak pada tahun 1985.

Mulai dari sanalah, Maria fokus untuk belajar di bidang teknologi. Hingga akhirnya bisa mendirikan DCI Indonesia pada 2011.

Untuk saat ini, DCI membukukan kenaikan pendapatan 81% dan peningkatan laba 57% secara gabungan selama tiga tahun terakhir. Daftar pelanggan unggulannya mencakup 44 perusahaan telekomunikasi, 134 perusahaan keuangan, dan beberapa perusahaan e-commerce terbesar di Asia.

Lihat juga Video: Rihanna Dinobatkan Jadi Musisi Wanita Terkaya, Hartanya Capai Rp 24 T

[Gambas:Video 20detik]