Cara Ajukan Form Pengaduan Prakerja Bila Kamu Punya Kendala

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 05 Nov 2021 14:06 WIB
kartu pra kerja
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta -

Selama mengikuti program Prakerja, sejumlah peserta bisa saja menemui sejumlah masalah. Nah untuk mengatasinya, pihak Prakerja sudah menyiapkan solusinya, yakni melalui form pengaduan Prakerja.

Bila peserta menemui kendala selama mengikuti program Kartu Prakerja ini, peserta bisa mengirim form pengaduan pada laman yang telah disediakan, yaitu https://www.prakerja.go.id/pengaduan. Form pengaduan Prakerja ini juga bisa ditemukan pada kanan bawah halaman depan / dashboard situs Prakerja.

Dalam form pengaduan tersebut, Kamu akan diminta untuk mengisi nama lengkap, status pengisi form (Peserta Prakerja/Calon peserta), nomor telepon, dan e-mail. Pastikan untuk mengisi semua data di atas agar kamu dapat melanjutkan pengisian form pengaduan Prakerja ini

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih tipe pengaduan (kendala/pertanyaan). Setelah itu kamu bisa memilih secara khusus kategori dan sub kategori pengaduan yang ingin kamu ajukan.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mendeskripsikan pertanyaan atau kendala yang dialami dalam kolom yang sudah disediakan. Untuk penjelasan lebih detail, peserta bisa menuliskannya dalam kolom deskripsi kendala yang sudah disediakan.

Peserta juga bisa mengunggah foto atau tangkapan layar bukti keluhan yang ditemui saat mendaftar Kartu Prakerja atau kendala-kendala lain. Setelah semua diisi, centang kotak persetujuan dan kirim pesan tersebut.

Form pengaduan Prakerja ini juga bisa dimanfaatkan bagi peserta yang terblokir akunnya, meski tidak melanggar ketentuan dan syarat ataupun mengajukan berbagai pertanyaan terkait Prakerja.

(eds/eds)