ADVERTISEMENT

Kepala BKN: Jumlah Orang yang Mau Jadi ASN Tak Boleh Terlalu Banyak!

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 06 Nov 2021 09:00 WIB
Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana
Kepala BKN: Jumlah Orang yang Mau Jadi ASN Tak Boleh Terlalu Banyak!
Jakarta -

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN)Bima Haria Wibisana mengatakan profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS sampai saat ini masih menjadi profesi yang banyak diminati oleh generasi muda.

Menanggapi kondisi tersebut, Bima mengungkapkan image PNS masih dipandang sebagai profesi yang dihormati. Ia mengatakan seharusnya jumlah orang yang ingin jadi PNS tak boleh terlalu banyak.

"Sebetulnya jumlah orang yang ingin menjadi ASN ini tidak boleh terlalu banyak. Mengapa demikian, karena ASN ini bukan sektor produktif, ia tidak menghasilkan atau tidak berdampak pada pertumbuhan ekonomi," terang Bima dalam keterangannya, Sabtu (6/11/2021).

Bima juga menjelaskan profesi ASN sebetulnya bukan lapangan kerja, tapi profesi untuk mengelola Negara. Menurutnya, saat ini masih ada perbedaan cara pandang masyarakat kepada ASN dan pegawai swasta. Namun lain halnya di beberapa negara maju, PNS dengan swasta itu hampir tidak ada bedanya.

Ia tidak menampik akan maraknya oknum-oknum yang memanfaatkan masyarakat untuk menjadi ASN dengan cara yang tidak sesuai sistem.

"Sekarang ini dengan semakin ketatnya proses seleksi oleh sistem rekrutmen ASN, calo menjadi lebih terorganisasi," ungkapnya.

"Kalau masuk saja sudah bayar, maka akan ada sesuatu yang akan dikejar nantinya (sebagai imbal balik pengeluaran -red), yang rugi adalah masyarakat sendiri.Padahal sistem rekrutmen ini dibentuk sedemikian rupa untuk merekrut ASN secara adil dan fair , karena yang bisa memasukkan Anda hanya anda sendiri dan doa Anda," tegasnya.

Lihat juga Video: Apa Jadinya Tes CPNS Rasa Squid Game?

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT