Ada 11.000 Tiket KA Gratis buat Guru hingga Veteran, Ini Cara Dapatnya!

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 06 Nov 2021 06:00 WIB
PT KAI kembali menambah lima perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di Area Daop 1 Jakarta. Kereta itu akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

PT Kereta Api (Persero) atau KAI akan membagikan 11.000 voucher tiket KA Jarak Jauh secara cuma-cuma alias gratis kepada guru, tenaga kesehatan dan veteran. Hal itu dilakukan sebagai bentuk peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu dinikmati oleh 10.000 orang. Menurutnya, ini juga bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat, baik di masa pandemi maupun di masa kemerdekaan.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Joni dalam keterangannya ditulis Sabtu (6/11/2021).

Lebih lanjut, voucher tersebut dapat digunakan untuk kereta kelas Eksekutif dan Ekonomi. Tiket gratis itu dapat digunakan ke berbagai tujuan dengan jadwal keberangkatan dari tanggal 8 sampai 30 November 2021.

Beberapa tujuan kereta api jarak jauh yaitu Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Tanjungkarang, Kertapati, Medan, dan kota-kota lainnya. Jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal akan terbatas. Adapun tiket KA yang sudah dicetak tidak dapat diubah jadwalnya.

Joni menjelaskan, kategori yang berhak mendapatkan voucher tersebut pertama guru pendidikan formal untuk anak usia dini sampai dengan tingkat menengah atas atau sederajat baik negeri maupun swasta dengan status PNS maupun honorer.

Kedua, tenaga kesehatan (bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan driver ambulans) baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit kecuali dokter. Ketiga, anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Bagaimana cara dapat tiket KA gratis? Cek halaman berikutnya.



Simak Video "Mulai 26 Oktober, Beli Tiket Kereta Api Wajib Pakai NIK atau Paspor"
[Gambas:Video 20detik]