Bandara Halim Mau Ditutup, Penerbangan Diminta Pindah ke Soetta-Kertajati

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 07 Nov 2021 18:29 WIB
Penerbang domestik selain mudik dibuka kembali bagi penumpang bersyarat. Meski dibuka lagi, suasana di Bandara Halim Perdanakusuma terpantau sepi pagi ini.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Wacana penutupan Bandara Halim Perdanakusuma bergulir. Bandara bakal ditutup karena revitalisasi akan dilakukan di bandara yang terletak di Jakarta Timur ini.

Menurut Direktur PT Indojet Sarana Aviasi Stefanus Gandi, apabila bandara ini akan ditutup penerbangan akan dipindah ke bandara lain. Opsinya yang ditawarkan ada 3, Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Bandara Husein Sastranegara Bandung, ataupun Bandara Kertajati, Majalengka.

Indojet sendiri adalah salah satu penyewa pesawat pribadi atau private jet yang menggunakan Bandara Halim Perdanakusuma. Beberapa penerbangan jet pribadi yang dilakukan Indojet dilakukan dari Halim Perdanakusuma.

"Skema untuk pemindahan penerbangan juga sudah ada, ada beberapa alternatif bandara. Ada Cengkareng, Bandung, atau Kertajati. Semua pesawat akan pindah," ungkap Stefanus kepada detikcom, Minggu (7/11/2021).

Namun, kata Stefanus, kemungkinan operator-operator maskapai yang ada di Halim Perdanakusuma akan memilih pindah ke Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Alasannya, bandara tersebut lebih siap digunakan dan dekat.

"Teman-teman operator mungkin akan minta ke CGK aja karena lebih reasonable. Kalau Bandung kan kejauhan," kata Stefanus.

Bersambung ke halaman selanjutnya.