50 Pengusaha Muda Terbang ke Dubai, Bawa Misi Apa?

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 07 Nov 2021 19:01 WIB
Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta Raya (HIPMI JAYA), Sona Maesana
Foto: Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta Raya (HIPMI JAYA), Sona Maesana (istimewa)
Jakarta -

Untuk mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bisa lebih mendunia Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di bawah Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming beserta 50 orang pengusaha muda dari berbagai daerah berangkat ke Dubai untuk menjajaki pasar eksport.

"Kami dari HIPMI Jaya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas inisiatif dan terobosan yang dilakukan oleh ketua umum BPP HIPMI Mardani H. Maming. Ini merupakan sebuah langkah yang sangat baik, karena kita perlu membuat kegiatan komprehensif untuk mendukung UMKM kita agar bisa lebih berdaya saing dan siap untuk bersaing di pasar dunia terlebih di tengah pandemi seperti in," kata Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta Raya (HIPMI JAYA), Sona Maesana.

Sona menjelaskan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dan dunia usaha di Indonesia sangat bervariasi namun demikian pada pokoknya dapat dikelompokkan dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan:

(1) akses pasar;

(2) kelemahan dalam pendanaan dan akses pada sumber pembiayaan;

(3) kelemahan dalam organisasi dan manajemen,

(4) kelemahan dalam kapasitas dan penguasaan teknologi, serta

(5) kelemahan dalam membangun jaringan usaha.

"UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional, dimana sebanyak 64,2 juta UMKM memiliki kontribusi terhadap PDB, investasi, dan ekspor".

"Sebagai pelaku-pelaku utama ekonomi di DKI Jakarta, HIPMI Jaya menyadari bahwa perekonomian kedepan masih sulit sampai meredanya wabah COVID-19. Untuk itu HIPMI Jaya senantiasa mengajak para anggota untuk bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi, oleh kerena itu saya sebagai ketua umum HIPMI Jaya memanfaatkan betul kesempatan kunjungan ini dengan menjajaki peluang usaha yang ada di UEA Dubai," tutur sona.

"Sebelum berangkat ke Dubai, HIPMI Jaya telah mengadakan Launching HIPMI Trade Expo Indonesia 2021. Pada acara tersebut Badan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya terus mendorong anggotanya agar bisa masuk pasar global di tengah pandemi COVID-19. Kami sediakan wadah agar pengusaha anggota HIPMI Jaya bisa naik kelas, dari berbisnis di dalam negeri menjadi berorientasi ekspor. Ajang pameran tersebut telah diikuti HIPMI Jaya dari tahun 2017 dari peserta 10 orang, tahun 2021 ini yang menjadi peserta TEI 2021 sudah mencapai 28 perusahaan, dan yang membahagiakan, baru berjalan beberapa hari pameran tersebut, sudah ada anggota HIPMI Jaya yang akan menjajaki peluang eksport ke Vietnam," katanya.

Selain mengunjung Dubai Expo, HIPMI juga bekerja sama dengan diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri untuk menjajaki dan memasarkan produk-produk UMKM Indonesia. Hal ini dilakukan untuk bisa menjadi semangat dan membuka jalan para pengusaha muda yang ingin mulai merintis usahanya untuk bisa saling berkolaborasi. Sehingga produknya bisa mempunyai daya saing bukan hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga harus bisa go internasional.

Sona menjelaskan kepada awak media selama di Dubai "rombongan HIPMI menghadiri Dubai Expo 2021 yang digelar di Uni Emirat Arab dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Dubai Expo 2021 berlangsung di Inter Continental Dubai, Festival City, IHG Hotel, Dubai, Uni Emirat Arab. Presiden Jokowi mendatangi Paviliun Indonesia dan Paviliun Uni Emirat Arab (UEA). Saat mengunjungi Paviliun Indonesia Jokowi disambut oleh Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi yang juga merupakan senior HIPMI dan Ketua Umum HIPMI Jaya tahun 1998-2001. Jokowi juga mengunjungi Paviliun Uni Emirat Arab (UEA) dan disambut oleh Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Dalam perhelatan Dubai Expo 2021, ada tiga sektor utama yang ditampilkan oleh Indonesia, di antaranya perdagangan, investasi, dan pariwisata. Paviliun Indonesia akan menjadi sarana utama bagi Indonesia untuk memasarkan citra bangsa kepada calon mitra dari seluruh dunia.

Dalam rangkaian kunjungan ke UEA dan Dubai Expo tersebut, Ketua Umum HIPMI Jaya Sona Maesana diterima juga oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Bapak Didi Sumedi dan Kepala ITPC Dubai Bapak Muhammad Khomaini. Dari pertemuan dengan Dirjen PEN dan Kepala ITPC Dubai tersebut, mereka sampaikan, banyak peluang usaha di UEA yang bisa diambil oleh para pengusaha di Indonesia, oleh karena itu saya mendorong para pengusaha muda dan UMKM khususnya yang ada di Jakarta untuk melebarkan sayapnya dengan melakukan ekspor ke UEA. Banyak peluang usaha yang bisa dijajaki disana, tutur sona.

(dna/dna)