Biadab! Intimidasi Pinjol Ilegal Bikin Ibu di Depok Gantung Diri

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 15:55 WIB
Pinjam Online Abal-abal
Foto: Pinjam Online Abal-abal (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Biadab mungkin kata yang cukup pas menggambarkan para pinjol ilegal yang beroperasi di Indonesia. Cara kerja mereka bahkan menyebabkan orang memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Kasus bunuh diri akibat pinjol ilegal masih terus bermunculan. Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim, Kombes Pol Rizki Agung Prakoso menceritakan, sekitar 2 minggu yang lalu ditemukan seorang ibu rumah tangga gantung diri di Cinere, Depok.

"Kalau rekan-rekan melihat gambar di situ ada tali menggantung saya mau cerita sedikit. Kurang lebih mungkin 2 minggu yang lalu, kalau tidak salah sekitar tanggal 1 November sore hari jam 16, kita dapat kabar bahwa ada seorang ibu rumah tangga, umur 44 tahun di Cinere Depok. Jadi ibu ini ditemukan gantung diri di rumahnya oleh anaknya," tuturnya dalam acara Dialog Kebangsaan Series 3, Selasa (9/11/2021).

Ibu rumah tangga itu gantung diri dan meninggalkan sepucuk surat di sampingnya. Dalam surat itu dia mencurahkan bahwa dirinya sudah tidak kuat menghadapi intimidasi dari debt collector pinjol ilegal.

"Menyatakan bahwa mohon maaf beliau ambil langkah ini karena sudah tidak kuat, karena tiap hari beliau mendapatkan intimidasi, ancaman dari penagih pinjaman online ilegal," ucapnya.

Rizki mengatakan, setelah dicek HP-nya, memang ditemukan banyak sekali pesan penagihan dari berbagai pinjol yang diduga pinjol ilegal. Mulai dari SMS hingga Whatsapp.

"SMS, Whatsapp semuanya ada penuh tagihan dari berbagai aplikasi pinjol, tapi kebanyakan memang kami duga itu ilegal," tuturnya.

Rizki menceritakan bahwa ibu rumah tangga tersebut memang memiliki kondisi keuangan yang sulit. Dia bekerja sebagai penawar jasa cuci baju rumahan.

(das/zlf)