Resign Jangan? Pertimbangkan Dulu 2 Hal Ini

Elsa Azzahra - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 20:05 WIB
The model has the looks for Japanese, Chinese, Thai or Taiwanese people.
Foto: Getty Images/iStockphoto/tun723
Jakarta -

Akibat pandemi COVID-19 banyak pekerja yang harus menentukan pilihan, antara keluar dari pekerjaan atau mempertahankannya. Hal ini dikarenakan banyak teknik pekerjaan yang beralih kepada sistem online dan perubahan teknik lainnya akibat beberapa ketentuan pemerintah, guna menekan kasus COVID-19.

Seperti Janel Abrahami seorang writer, speaker, dan professional development pro ini, memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya selama kurang dari satu tahun dan mencari pekerjaan lain. Bagi banyak orang keputusan ini akan terdengar sangat berisiko.

Di tengah pandemi seperti ini banyak pekerja yang beruntung masih dapat mempertahankan pekerjaannya dengan peraturan yang dapat disesuaikan, namun sebagian lain mengalami stres dan memikirkan pilihan terbaik lainnya.

Dikutip dari CNBC, Senin (08/11/2021), banyak pekerja Amerika menyerah pada pekerjaannya yang berujung pada terjadinya 4,3 juta pengajuan resign oleh para pekerja pada bulan Agustus, menurut data terbaru Biro Statistik Tenaga Kerja AS.

Nah, sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan lama, ada hal yang harus diperhatikan agar langkah detikers tetap terus berjalan:

1. Inventarisir Keuangan

Penasihat keuangan menekankan bahwa penting untuk mengantur keuangan sebelum berhenti dari pekerjaan lama detikers.

"Kamu harus tahu berapa lama cadangan uang tunai kamu akan bertahan," kata Jenkin.

Uang tunai yang detikers sisihkan harus dapat bertahan lebih lama dari yang kamu kira, hal ini juga dapat disesuaikan dengan hal apa yang akan kamu ambil selanjutnya. Misalnya, jika detikers ingin berbisnis, setidaknya perlu satu tahun cadangan uang tunai.

Yang terpenting, kamu tetap harus mempunyai rencana yang akan di ambil sebelum meninggalkan pekerjaan detikers.

2. Lakukan Rencana dengan Benar

Tidak ada jalan pintas untuk menemukan jalan terbaik ke depan jika detikers tidak puas dengan pekerjaan detikers saat ini, kata Janel.

"Jika detikers melakukannya dengan benar pertama kali dan benar-benar jujur pada diri sendiri, itu membuat proses selanjutnya menjadi lebih lancar, lebih mudah, dan lebih menyenangkan," sambungnya.

Jadi, apa rencana yang akan detikers ambil untuk memperbarui karir detikers? Bertahan pada pekerjaan yang lama atau resign dan memikirkan pekerjaan lainnya.

(dna/dna)