Ini Program AKHLAK yang Bikin Wajah Menteri Mejeng di Layar ATM BUMN

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 16:12 WIB
Mulai 1 Juni 2021, transaksi di ATM Link/Bank Himbara tak gratis lagi. Nantinya, transaksi di ATM Link akan dikenakan biaya mulai Rp 2.500 hingga Rp 5.000.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Heboh sosok menteri yang wajahnya mejeng di mesin ATM bank-bank BUMN. Kehebohan itu mencuat setelah adanya kritikan yang menyangkut pautkan hal itu dengan kepentingan.

Saat ditelusuri detikcom di salah satu kantor cabang BNI, di gerai ATM-nya seluruh mesin ATM terdapat video standby yang menampilkan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam video singkat yang diputar berulang-ulang itu terlihat Erick Thohir yang menjelaskan mengenai nilai dasar yang harus diterapkan seluruh BUMN yakni AKHLAK.

Nah, AKHLAK ini sebuah nilai dasar yang memang diterapkan oleh Erick semenjak dia menjabat sebagai Menteri BUMN. AKHLAK itu akronim Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Mengenai arti dan tujuan nilai dasar AKHLAK ini pernah disampaikan Erick tahun lalu. Mengutip dari Antara, Rabu (10/11/2021) Ia mengedepankan nilai dasar itu agar semua di lingkungan kementerian bisa bekerja lebih kuat.

"Hati ini, juga saya ingin menerapkan AKHLAK sebagai 'core value' bukan lips service, karena kalau kita bekerja ada 'core value' ini yang membuat kita kuat," katanya di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (1/6/2020).

Atm HimbaraAtm Himbara Foto: Dok

Ia juga merinci arti dari salah satu poin AKHLAK, yakni Loyal, menjaga citra, harkat, dan martabat diri sendiri, sesama rekan kerja, pimpinan, Kementerian BUMN, Bangsa dan negara.

"Loyal ke bangsa karena kerja di BUMN, tidak pribadi dikedepankan, tentu hasil kerja seperti bonus tantiem harus, tapi yang lain-lain jangan. Ada 53 kasus hukum di BUMN yang kita tidak mau terulang lagi, ini kenapa AKHLAK Penting," tuturnya.

Kemudian, Adaptif. Dijelaskan, mampu beradaptasi dengan perubahan serta harus siap kolaboratif.

"kita haru pastikan proyek-proyek strategi dijalankan seperti yang kemarin dicanangkan Presiden di Batang, Jawa Tengah. Saya meminta BUMN yang terlibat di Batang untuk serius supaya arahan Presiden di mana pembukaan lapangan kerja harus terjadi dalam kondisi seperti ini," pungkasnya.

Nah, begitulah program AKHLAK yang ada di dalam video yang beredar di ATM bank-bank BUMN atau Himbaran.

(dna/dna)