Ini 5 Cara Bikin CV yang Menarik, Auto Dilirik HRD

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 16:40 WIB
Man writing resume and CV in home office with laptop. Applicant searching for new work and typing curriculum vitae for application. Job seeking, hunt and unemployment. Mock up text in computer screen.
Foto: iStock
Jakarta -

Bagi kamu yang ingin segera melamar kerja, simak dulu nih 5 cara membuat CV yang menarik. Sebab, sekarang ini untuk mendapatkan pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan.

Hal tersebut dikarenakan adanya persaingannya semakin ketat. Untuk itu, kamu harus punya modal kuat agar lamaran diterima oleh perusahaan.

Ini dia hal yang harus ada di CV supaya bisa dilirik HRD. Yuk, simak tips menulis CV yang menarik dilansir dari Forbes.

1. Buat Sesederhana Mungkin

Perlu diketahui, dalam sehari rekruter atau HRD tidak hanya menyeleksi 1 atau 2 CV saja. Melainkan mereka harus melakukan screening terhadap puluhan bahkan ratusan CV yang masuk dari para pelamar kerja. Untuk itu, penting membuat CV dan resume yang singkat. Fokus pada hal yang relevan. Jangan lupa untuk menyusun dalam bentuk poin-poin, terutama untuk hal yang ingin ditonjolkan.

2. Menggunakan Keyword pada Job Description

Saat ini kebanyakan rekruter telah memanfaatkan aplikasi yang bernama applicant tracking system (ATS). Hal ini tentu perlu menjadi perhatian kamu sebagai pelamar kerja. Sebab tidak sedikit fresh graduate yang ditolak karena CV mereka belum ATS friendly. Sebaiknya buat CV atau resume dengan keyword spesifik yang ada pada job description supaya mudah terbaca oleh ATS.

3. Modifikasi CV Sesuai Posisi yang Dilamar

Saat melamar pekerjaan, alangkah lebih baik jika CV yang dikirim sesuai dengan posisi yang diincar. Hindari menggunakan 1 CV atau resume untuk melamar ke lebih dari 1 posisi yang berbeda. Cantumkan skill, keahlian, dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Jika terlalu banyak pengalaman yang dicantumkan, bisa jadi yang paling relevan justru akan terlewat saat dibaca oleh perekrut.

4. Fokus pada Pencapaian

CV atau resume akan jadi lebih menarik jika menonjolkan pencapaian. Gunakan juga angka yang spesifik untuk menggambarkan pencapaian tersebut. Sebagai contoh, kalimat seperti "menaikkan penjualan perusahaan sebesar 45%" dinilai lebih kuat ketimbang pernyataan "mendorong penjualan" saja. Tidak ada salahnya juga jika Anda mencantumkan contoh proyek atau yang biasa disebut portofolio. Dengan adanya portfolio maka lamaran pekerjaan Anda jadi jauh lebih menarik bagi rekruter.

5. Beri Sentuhan Personal

Lamaran kerja tidak harus polos kok. Anda bisa berkreasi dengan memberikan sentuhan personal pada CV atau resume. Karena bisa jadi hal tersebut menjadi nilai tambah di mata HRD. Yang terpenting lamaran memuat poin-poin penting yang dicari oleh rekruter. Jangan sampai juga berlebihan yang akhirnya membuat CV sulit terbaca.

Nah demikian 5 cara membuat CV yang menarik. Jika sudah yakin dengan format CV yang dibuat, kini saatnya Anda segera mengirimkan lamaran itu ke perusahaan impianmu.

(eds/eds)