Heboh Temuan 'Bukit Emas' di Jalan Malaysia, Beneran Nggak Sih?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 11 Nov 2021 13:16 WIB
Workers put up a Malaysian flag ahead of the 27th Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Summit at the Kuala Lumpur convention center on November 18, 2015.  Malaysia will host the 27th ASEAN summit from November 18-22.    AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA (Photo by MANAN VATSYAYANA / AFP)
Foto: AFP/MANAN VATSYAYANA
Jakarta -

Pekerja Malaysia dikejutkan dengan fenomena penemuan batu berkilau mirip emas. Benda-benda tersebut ditemukan di sebuah perbukitan di proyek pembangunan jalan wilayah Pitas Utara, Sabah.

Dilansir dari The Star, Kamis (11/11/2021), hal itu menjadi viral dan memancing animo masyarakat untuk mencari emas. Warga berbondong-bondong ke area tersebut selama berhari-hari untuk mencari emas.

Fenomena itu bahkan membuat kepolisian turun tangan. Aparat menutup daerah itu untuk menghindari kekacauan.

Kepala Polisi Distrik Kota Marudu Supt Zairolnizal Ishak mengatakan batu berkilau itu kini sedang diselidiki oleh Departemen Mineral dan Geosains Sabah. Dia memastikan bahwa itu bukanlah emas.

"Informasi awal yang kami dapatkan, itu bukan emas," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Departemen Mineral dan Geosains Negara Webster Wong mengatakan telah mengirim tim untuk menganalisis batuan berkilau yang ditemukan di lereng berbukit dari lokasi pembangunan jalan itu.

Menurut ahli geologi terkemuka Dr Felix Tongkul, batuan tersebut kemungkinan besar adalah mineral pirit (sulfida dengan kilau logam) atau kalkopirit (tembaga besi sulfida).

"Kemungkinan itu adalah emas bohongan meskipun ini perlu dipastikan oleh para ahli dari Departemen Mineral dan Geosains," pungkasnya.



Simak Video "Era Omicron Tiba, Saatnya Invest Emas Lagi ?"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)