Luhut Puji Anies soal Pengendalian COVID-19 Jakarta

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 11 Nov 2021 15:55 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) memuji pengendalian virus Corona (COVID-19) di Jakarta. Hal itu disampaikannya di hadapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara virtual.

"Hari ini kita bersyukur bahwa situasinya seperti yang kita lihat saat ini dan Jakarta misalnya kita berhasil mengelola dengan baik dan pemerintah juga memainkan peran yang amat penting dalam hal situasi ini," katanya dalam acara Jakarta Investment Forum (JIF) 2021, Kamis (11/11/2021).

Dijelaskannya, kasus yang terkonfirmasi di bulan November di Indonesia terjadi penurunan 99% dari bulan Juli 2021, dan untuk Jawa-Bali juga kasus yang terkonfirmasi di November menurun sangat tajam.

"Saya tidak tahu status untuk Jakarta hari ini tapi per kemarin sepertinya Jakarta jauh lebih baik. Coba saya lihat data di sini karena kita harus berbicara menggunakan data. Menurut saya kasus baru Jakarta itu hanya 95 ya kasus baru dan kemudian angka kematiannya 0. Jadi ini adalah cukup bagus ya kalau misalnya kita melihat keadaan sekarang, dan juga tingkat keterisian rumah sakit kalau saya tidak salah kalau kata Pak Anies kemarin adalah 2,5%," jelasnya.

Indonesia secara keseluruhan, dijelaskan Luhut memiliki ketangguhan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dia juga baru saja menerima pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dari Malaysia, mendiskusikan situasi COVID-19 dan berbagi pengalaman Indonesia dalam menangani pandemi.

"Kalau Anda melihat sekarang sejak ada implementasi PPKM, kasus COVID di Indonesia sudah turun secara signifikan. Jadi kalau misalnya kita lihat 3-4 bulan yang lalu, Indonesia amat sangat berbeda dengan yang ada sekarang," tambahnya.

Diketahui, per Rabu (10/11), Indonesia mencatat sebanyak 480 kasus baru COVID-19. Total kasus aktif kini sebanyak 9.537. DKI Jakarta menyumbang jumlah kasus sebanyak 95 kasus. Disusul oleh Jawa Barat dengan total 77 kasus, dan Jawa Timur dengan total 65 kasus.

(toy/dna)