ADVERTISEMENT

Cerita Owner Depo Bangunan, Bertahan Saat Kerusuhan 1998-Pandemi

Jihaan Khoirunnissa - detikFinance
Jumat, 12 Nov 2021 21:47 WIB
Depo Bangunan
Foto: Depo Bangunan
Jakarta -

Supermarket bahan bangunan, Depo Bangunan telah memasuki usia ke 21 tahun. Perusahaan ini dibangun pada 1996 oleh Kambiyanto Kettin dengan bendera PT Caturkarda Depo Bangunan.

Saat ini, perseroan telah memiliki 9 gerai yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Lampung. Setidaknya ada lebih dari 3 ribu pengunjung pada saat akhir pekan, dan seribu pengunjung saat weekdays untuk masing-masing gerai.

Kambiyanto Kettin selaku pemilik Depo Bangunan pun membagikan perjalanan suksesnya dalam membangun brand Depo Bangunan. Kambiyanto menyebut, ide awal bisnisnya muncul saat tengah mengantar anaknya belajar ke luar negeri. Kala itu, dia melihat banyak toko bahan bangunan modern yang menawarkan cara berbelanja mudah, tanpa perlu berpindah dari satu toko ke toko lainnya.

"Dengan pengalaman tersebut yang membuat saya bertekad untuk menghadirkannya di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Dia menyebut butuh waktu untuk mempelajari seluk beluk bisnis model serta cara mengoperasikannya. Setelah dirasa cukup, sang ibunda ditawari lokasi oleh salah satu bank. Kemudian, dia bersama rekannya Johnny membangun gerai Depo Bangunan pertama di Kalimalang, Jakarta Timur pada 5 Oktober 1996.

Menurutnya, perjuangan untuk membesarkan usahanya tidak mudah. Terutama ketika kerusuhan terjadi di tahun 1998 yang meluluhlantakan gerai pertamanya tersebut. Namun, Kambiyanto tidak menyerah begitu saja. Dia pun berusaha bangkit dengan membuka gerai kedua Depo Bangunan di Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan.

Lihat juga video 'Cerita Pengusaha Emping Tetap 'Eksis' di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



Masih ada kisah menarik di halaman selanjutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT