Joe Biden & Presiden China Bakal Bersua Daring, Bahas Isu Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 13 Nov 2021 11:59 WIB
President Joe Biden speaks about reaching 300 million COVID-19 vaccination shots, in the State Dining Room of the White House, Friday, June 18, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Jakarta -

Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan akan melakukan pertemuan virtual pada Selasa pagi mendatang. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri China.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (13/11/2021) juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying. mengungkap mereka akan membahas mengenai hubungan bilateral dan masalah kepentingan bersama.

Sementara dari pihak Biden, pengumuman pertemuan virtual itu sudah diumumkan sejak Jumat lalu.

"Keduanya akan mengadakan pertemuan virtual pada Senin malam waktu AS untuk membahas cara-cara untuk mengelola secara bertanggung jawab persaingan bilateral dan untuk bekerja sama di mana kepentingan kita yang selaras," kata pihak Gedung Putih dalam pengumumannya.

AS dan China sendiri pernah tak akur karena perang dagang. Namun, dalam catatan pemberitaan detikcom, pada Januari 2020 AS dan China menandatangani perjanjian dagang. Langkah itu menjadi tanda berakhir perang di antara kedua negara tersebut.

Sempat mereda, namun saat pandemi COVID-19 masuk AS dan China sempat bersitegang lagi soal munculnya asal muasal virus COVID-19.

Tidak hanya itu, dalam pemerintahan Joe Biden bahkan memperbanyak daftar perusahaan China yang masuk dalam daftar negatif investasi. Totalnya dari data terakhir ada 59 perusahaan China di 2021.

Langkah ini sudah lebih dulu dilakukan oleh Donald Trump dengan total 31 perusahaan China. Tahun ini Biden yang memperbanyak list perusahaan China.

(hns/hns)