Menakar Ancaman Ekonomi di Balik Krisis Iklim dan Padatnya Penduduk

ADVERTISEMENT

Menakar Ancaman Ekonomi di Balik Krisis Iklim dan Padatnya Penduduk

Siti Fatimah - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 22:28 WIB
Tren Populasi Global, Perlindungan Lingkungan dan Sejarah Kelam Pengendalian Kepadatan Penduduk
Foto: DW (News)

Salah satu proyek revolusioner di Singapura bernama Deep Tunnel Sewerage System (DTSS), sebuah manajemen pengelolaan air yang mutakhir, ABB IE3 motors dan drives mengusung efisiensi energi membantu mengurangi konsumsi energi hingga 30%.

Karena Singapura mengelola ulang dan mengolah air yang telah terpakai dengan proses penggunaan energi yang intensif, mereka selalu mencari solusi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi sumber daya mereka untuk masa depan pengelolaan air yang lebih berkesinambungan.

Sementara itu di Vietnam, pihaknya memberikan tolak ukur baru terhadap inovasi dan keberlangsungan untuk Viettel Group, perusahaan telekomunikasi terbesar di Vietnam. ABB drives digunakan untuk kontrol kecepatan motor elektrik pada ventilasi dan aplikasi pendingin ruangan di kantor pusat Viettel di mana di sana juga terdapat kontrol bangunan pintar dan teknologi inovasi yang ramah lingkungan.

Kemudian, dalam mengoptimisasi peningkatan efisiensi lebih lanjut, konektivitas BACnet pada drives juga diintegrasi dengan sistem otomatisasi gedung untuk penghematan sampai 20% dari total penggunaan energi.

"Ketika kota besar di ASEAN terus bertumbuh, ada begitu banyak kesempatan untuk menurunkan emisi karbon di sektor industri dan infrastruktur," jelas President ABB Motion, Morten Wierod.

Dia mengatakan, jalan menuju masa depan dengan lebih efisiensi energi tergantung pada investasi teknologi terkini dari motors dan drives yang dapat membantu dalam penghematan energi. "ASEAN dapat menunjukan jalan dengan mengambil langkah positif dalam menyusun rencana untuk menerapkan motor elektrik dengan minimum efisiensi untuk mewujudkan masa depan rendah emisi karbon," pungkasnya.

Sekedar informasi, ABB (ABBN: SIX Swiss Ex) adalah perusahaan global terkemuka di bidang engineering yang mendorong transformasi masyarakat dan industri untuk mencapai masa depan yang produktif dan berkesinambungan.


(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT