Cara Cek Harga Emas Terkini Lewat Aplikasi Pegadaian Digital

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Senin, 15 Nov 2021 10:39 WIB
Cek harga emas.
Foto: dok. Pegadaian
Jakarta -

Harga emas di Indonesia fluktuatif mengikuti harga emas dunia. Kondisi tersebut berimbas pada harga pasaran emas yang ikut berubah, termasuk di Pegadaian.

Oleh karena itu, Pegadaian memberikan informasi harga emas terkini melalui beberapa cara sehingga diharapkan dapat mempermudah para investor emas untuk mengecek harga emas saat akan menabung emas atau mencicil emas di Pegadaian.

"Selain dari situs resmi Pegadaian, nasabah bisa mendapat informasi mengenai harga emas Pegadaian terkini yang diperbarui tiap hari melalui aplikasi Pegadaian Digital," ujar Senior Vice President PT Pegadaian, Elvi Rofiqotul Hidayah dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2021).

Menurutnya, terdapat 2 jenis harga emas yang disajikan melalui aplikasi Pegadaian Digital, yakni harga Tabungan Emas serta harga emas batangan berbagai brand ternama seperti ANTAM, UBS, Lotus Archi dan Galeri 24 dengan jaminan kadar 24 karat dan bersertifikat.

Harga Tabungan Emas

Setelah mengunduh dan registrasi Pegadaian Digital, Elvi mengatakan harga Tabungan Emas dapat dilihat pada menu Tabungan Emas.

"Tak hanya harga, kami juga menyajikan dalam bentuk grafik sehingga nasabah bisa mengetahui tren serta pergerakan harga Tabungan Emas," tuturnya.

Adapun grafik yang disajikan mulai dari periode 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, hingga 1 tahun.

Harga Emas Batangan di Pegadaian

Selain Tabungan Emas, Pegadaian juga menyajikan harga emas batangan terkini di aplikasi Pegadaian Digital. Untuk mengeceknya, cukup membuka menu Cicil Emas dari menu utama aplikasi setelah mengunduh dan melakukan registrasi.

Setelah itu, lanjut dia, nasabah memilih menu Cicil Emas Batangan. Nantinya akan muncul pertanyaan mengenai merek emas yang ingin dicicil. Nasabah tinggal memilih 'Lihat perbandingan harga' yang ada di bawah pertanyaan tersebut.

"Nasabah akan disajikan harga emas batangan berbagai denominasi mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram dari beberapa merek ternama," kata Elvi.

Dia menilai harga emas batangan di Pegadaian yang disajikan melalui aplikasi Pegadaian Digital akan membantu nasabah dalam membuat pilihan saat akan bertransaksi Cicil Emas.

Sebagai informasi, Pegadaian melayani transaksi Cicil Emas yaitu pembelian emas dengan sistem angsuran dan berbagai pilihan jangka waktu mulai dari 3 hingga 36 bulan. Uang muka Cicil Emas minimal 15% dari harga emas atau mulai dari sekitar Rp200.000 untuk emas batangan 1 gram.

"Cicilannya pun ringan. Cukup mulai dari sekitar Rp30.000 sudah bisa mencicil emas batangan 1 gram dengan jangka waktu 36 bulan," terangnya.

Dikatakannya, emas batangan bisa diambil di cabang Pegadaian tempat pengajuan setelah lunas. Selanjutnya transaksi bisa dilakukan di aplikasi Pegadaian Digital, mulai dari pengajuannya hingga pembayaran cicilan sampai lunas. Selain itu, Cicil Emas juga bisa dilakukan langsung di outlet Pegadaian terdekat maupun Agen Pegadaian.

Lebih jauh, Elvi mengungkapkan keunggulan dari Cicil Emas. Salah satunya adalah meskipun harga emas naik, namun cicilan tetap hingga lunas sesuai akad atau perjanjian.

Informasi mengenai Cicil Emas dapat langsung mengunjungi Instagram Sahabat Pegadaian di @sahabatpegadaian atau call center Pegadaian pada nomor 1500 569.

Pegadaian mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Pegadaian. Jangan membagikan kode OTP atau PIN aplikasi Pegadaian Digital kepada siapapun. Pegadaian juga tidak melakukan lelang secara online.



Simak Video "Harga Emas Naik, Warga di Parepare Ramai-ramai Jual Emas"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ang)