Menkes Ungkap Stok Vaksin COVID-19 Capai 60 Juta, Aman Nggak?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 15 Nov 2021 18:11 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bicara soal stok vaksin COVID-19 terkini. Saat ini totalnya ada 276 juta vaksin, 267 juta dosis di antaranya sudah didistribusikan ke kabupaten/kota dan provinsi.

Di antara 267 juta dosis itu, ada 206 juta yang sudah disuntikkan. Jadi Budi Gunadi mengatakan masih ada stok sekitar 60 juta.

"Jadi masih ada stok sekitar 60 juta di kabupaten kota dan provinsi," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual evaluasi PPKM, Senin (15/11/2021).

Sejauh ini angka penyuntikan yang ada di Indonesia berada di angka 1,6-2 juta suntikan per hari. Sampai akhir tahun ini kemungkinan bisa mencapai 290-300 juta suntikan.

Budi Gunadi mengatakan sudah ada 161 juta suntikan diberikan untuk dosis pertama dan untuk dosis kedua ada 118 juta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah memperingatkan agar vaksin COVID-19 tidak kedaluwarsa.

Bila tanggal di vaksin sudah dekat dengan batas akhir, sebaiknya aparat terkait segera mendistribusikan vaksin itu ke tempat lain.

"Bapak Presiden juga menekankan bahwa tolong hati-hati dengan vaksin kedaluwarsa. Perlu diperhatikan agar vaksinasinya jangan sampai kedaluwarsa. Kalau misalnya sudah dekat-dekat kedaluwarsa mungkin kita bisa mengalihkan ke provinsi-provinsi lain yang membutuhkan," kata Budi Gunadi.

"Atau kita bisa alihkan untuk didistribusikan oleh TNI dan Polri," lanjutnya.

(hal/ara)