ADVERTISEMENT

Mulai 29 November, Warga RI Melancong ke Singapura Tak Perlu Karantina

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 10:31 WIB
View of the merlion statue of Merlion Park, and the financial district in downtown Singapore. The merlion is a symbol and mascot of Singapore.
Foto: Getty Images/Marcus Lindstrom
Jakarta -

Singapura akan memperluas skema jalur perjalanan yang sudah divaksinasi (vaccinated travel lane/VTL) ke lebih banyak negara termasuk Indonesia mulai 29 November. Dengan begitu, turis dari Tanah Air yang melancong ke negeri singa tersebut tak perlu karantina.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (16/11/2021), turis asal Indonesia yang datang ke Singapura cukup menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 dan hasil negatif tes PCR yang berlaku maksimal 2x24 jam. Saat kedatangan, pengunjung wajib menjalankan tes PCR lagi.

Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan akan membuka VTL dengan India dan Indonesia mulai 29 November. Sedangkan dengan Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) mulai 6 Desember. Pendatang yang masuk lewat jalur ini tidak diwajibkan untuk karantina setibanya di Singapura.

Menteri Perhubungan S Iswaran menekankan perjanjian VTL dengan Indonesia akan menjadi jalur perjalanan vaksinasi satu arah untuk saat ini karena Indonesia masih menutup perbatasannya.

"Indonesia tetap tertutup untuk perjalanan umum, tetapi sudah mulai membuka perbatasannya. Sejak 14 Oktober, Indonesia secara sepihak membuka kembali perbatasannya untuk mengizinkan pengunjung dari 19 negara. Kami berharap Indonesia juga segera membuka kembali perbatasannya untuk pelancong dari Singapura," ujar Iswaran.

Sebagai permulaan, kata Iswaran, akan ada dua layanan harian antara Singapura dan Jakarta, dan kemudian secara bertahap akan ditingkatkan menjadi empat.

Pengajuan pengunjung jangka pendek dan pemegang pass jangka panjang akan dimulai pada 22 November untuk pelancong dari India dan Indonesia. Sementara pelancong dari Qatar, Arab Saudi, dan UEA bisa mendaftar mulai 29 November.

Singapura sudah melakukan VTL dengan negara seperti Australia, Brunei, Kanada, Denmark Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, Korea, Swiss, Inggris dan AS. Mulai 29 November pihaknya akan membuka VTL dengan Malaysia, Finlandia, dan Swedia.



Simak Video "VTL Ditangguhkan, Kini Masuk Singapura Wajib Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT