Bandara Halim Mau Ditutup, Budi Karya: Keselamatan di Sana Mengkhawatirkan

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 13:56 WIB
Menhub Siap Tindak Lanjuti Hasil Laporan BPK soal BLU BPSDM
Bandara Halim Mau Ditutup, Budi Karya: Keselamatan di Sana Mengkhawatirkan
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya buka suara terkait kabar penutupan Bandara Halim Perdanakusuma. Budi Karya mengatakan, rencana penutupan tersebut muncul karena ada inisiatif untuk melakukan revitalisasi Bandara.

Budi mengungkapkan, kondisi Bandara Halim Perdanakusuma sudah sangat mengkhawatirkan dari segi keselamatan. Setidaknya 30-40% landasan pacu (runway) pesawat bermasalah.

"Jadi memang ada inisiatif melakukan revitalisasi karena keselamatan di sana itu sangat mengkhawatirkan, terutama runway-nya sudah bermasalah kondisinya 30-40%," kata Budi Karya saat ditemui di sela-sela peresmian ruas jalan tol Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021).

Selain itu, masalah lain yang terjadi di Bandara Halim juga adanya kondisi banjir yang mengancam keselamatan Bandara. "Banjir juga masalah, jadi kita melakukan penyelamatan dari safety bandara itu," ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan komunikasi dengan stakeholder dan nanti akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait tindak lanjutnya.

"Kita lakukan komunikasi dengan stakeholder dan baru bisa usulkan ke Presiden seperti apa skenarionya nanti diputuskan presiden," pungkasnya.

Lanjut ke halaman berikutnya.

Sebelumnya, muncul wacana penutupan operasional Bandara Halim Perdanakusuma. Sebagian pihak menyebut penutupan itu sebagai upaya revitalisasi dan sebagian lainnya menyebut untuk persiapan KTT G20. Akan tetapi Kementerian Perhubungan menegaskan, penutupan tersebut dalam rangka revitalisasi bandara.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati sempat mengatakan, rencana itu masih dibahas dan belum dapat dipastikan kapan bandara akan ditutup. Akan tetapi, ia memastikan proses revitalisasi akan berlangsung selama 1 tahun dan saat ini kegiatan penerbangan masih beroperasi normal.

"Masih dalam pembahasan, nanti akan disampaikan jika sudah ada (hasil) pembahasan. Proses revitalisasinya yang berlangsung kurang lebih 1 tahun," kata Adita kepada detikcom, Senin (8/11).

"(Operasional bandara) masih seperti biasa. Pemerintah pasti akan menginformasikan secepatnya jika ada yang akan akan dilakukan yang berdampak pada pergerakan penerbangan pada umumnya," sambungnya.



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)