ADVERTISEMENT

Festival 12.12, Shopee Akan Latih Perempuan Pegiat UMKM di Daerah

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 20:32 WIB
Festival 12.12, Shopee Akan Latih Perempuan Pegiat UMKM di Daerah
Foto: Shopee

Di samping itu, Shopee pun bekerja sama dengan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) dalam rangkaian kemeriahan kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini. Sinergi tersebut untuk menghadirkan pendampingan dan pelatihan agar dapat menjangkau lebih banyak pelaku UMKM di daerah dan mendukung pemerataan literasi digital.

Menurut Christin, produk olahan tangan binaan ASPPUK seperti tas rajut, kain tenun, aksesori dan camilan khas Indonesia punya potensi yang kuat serta sarat akan nilai budaya lokal Indonesia.

Diketahui, materi yang diberikan dalam pelatihan mencakup konsep bisnis dan cara berjualan online di platform Shopee, hingga bagaimana memanfaatkan fitur-fitur pendukung serta pengenalan program ekspor agar dapat memperkuat bisnisnya di ranah digital.

Sementara itu, Direktur Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) menyambut baik kolaborasi dengan Shopee. Karena dia menilai tantangan utama yang dihadapi saat ini adalah rendahnya tingkat literasi digital yang kemudian menghambat pengembangan bisnis usaha mikro.

"Padahal yang kami lihat, potensi dari produk olahan tangan yang dihasilkan sangat kuat, apalagi dengan nilai kultur lokal Indonesia yang melekat. Melalui kerja sama strategis ini, kami berharap Shopee dapat membuka peluang bagi para dampingan untuk mengembangkan bisnis mereka melalui pendampingan dan pelatihan keterampilan digital," katanya.

"Sehingga, tidak hanya menciptakan kemandirian dan kreativitas bisnis, para dampingan juga diharapkan dapat memanfaatkan fitur-fitur serta peluang yang dihadirkan oleh Shopee untuk memperluas jangkauan produk ke pasar yang lebih luas," imbuhnya.

Shopee juga mengadakan Shopee Super Awards 2021, yaitu acara tahunan untuk mengapresiasi berbagai pihak dan figur yang telah mendukung dan menjadi penggerak ekonomi digital di Indonesia bersama Shopee. Adapun total kategori yang tersedia yaitu 29 kategori, terdiri dari voting dan nonvoting. Untuk kategori voting, pengguna dapat berpartisipasi dan menyampaikan dukungan mulai hingga tanggal 30 November nanti.

Yang menarik, tahun ini Shopee Super Awards akan menghadirkan kategori nominasi terbaru khusus untuk UMKM dan Mitra Brand Lokal guna memberikan apresiasi serta semangat untuk terus berkembang dan memperkuat potensi pelaku usaha lokal.

Rusli Ikhwan Founder of Roughneck 1991 sekaligus mitra UMKM Shopee mengaku senang bisa mengambil bagian dalam kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Menurutnya, Shopee banyak membantu sehingga Roughneck 1991 bisa meraih banyak pencapaian. Beberapa di antaranya menjadi Top 5 Brand Terlaris Kategori Fashion pada kampanye Shopee 11.11 Big Sale dan Shopee 12.12 Birthday Sale tahun lalu. Selain itu juga berhasil menjangkau pasar penjualan Malaysia dan Singapura.

"Kami berharap Shopee dapat senantiasa menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif menarik lainnya untuk dapat menggerakkan roda perekonomian Indonesia bersama para pelaku bisnis lokal dan Roughneck 1991 bisa terus menjadi inspirasi bagi brand lokal lainnya untuk dapat bersaing di pasar global," tandasnya.


(fhs/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT