Waduh! Tahun Ini Pohon Natal Bakal Langka, Kok Bisa?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 09:24 WIB
Tampak pohon natal raksasa berdiri di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Senin (21/12/2020).
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sejumlah vendor pohon Natal mengatakan kalau jumlah stok pohon yang tersedia untuk dijual musim liburan tahun ini mungkin akan lebih sedikit.

Melansir dari CNBC, Rabu (17/11/2021), kurangnya stok pohon natal tahun ini dapat terjadi karena adanya masalah pada rantai pasokan. Menurut para penjual pohon natal, tentu hal ini dapat mempengaruhi pasar untuk pohon alami maupun buatan.

"Permintaan tahun ini akan sangat kuat, jadi saya pikir dari sudut pandang konsumen, orang tidak boleh menunggu," jelas Chris Butler, CEO National Tree Company, importir dan grosir pohon Natal buatan dan dekorasi liburan.

"Konsumen harus membeli sekarang karena pada saat kita tiba di Thanksgiving, yang merupakan minggu puncak bagi kami, saya pikir akan ada banyak rak kosong (kehabisan stok). Kami melihat pertumbuhan yang cukup kuat sekarang dibandingkan tahun lalu dan jadi, saya pikir kami berada di musim yang besar dan besar tahun ini," tambahnya.

Sejalan dengan Butler, Direktur Eksekutif American Christmas Tree Association Jami Warner menyarankan masyarakat untuk segera membeli pohon natal. "Jika Anda melihat sesuatu yang Anda sukai, belilah," saran Warner.

Sebab, Warner menjelaskan kalau gangguan rantai pasokan yang sedang berlangsung saat ini sangat memengaruhi jalur distribusi pohon natal buatan, yang sebagian besar diimpor dari Asia dan membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk sampai ke AS.

"Jumlah tahun ini akan lebih sedikit dari biasanya dan tentu saja konsumen harus menanggung beban harga yang lebih tinggi. Mereka tidak akan jauh lebih tinggi tetapi mereka akan lebih tinggi," tambahnya.

Tonton juga Video: Pesan Jokowi ke Menkes Terkait Covid-19: Harus Ekstra Waspada

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)