China Geser AS Jadi Negara Terkaya di Dunia!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 16:38 WIB
Tensi AS-China meninggi, AS menahan tiga orang ilmuwan militer China terkait kecurangan visa
Ilustrasi/Foto: BBC World
Jakarta -

Kekayaan global meningkat tiga kali lipat dalam dua dekade terakhir. Seiring melesatnya kekayaan global, China menggeser Amerika Serikat (AS) sebagai negara terkaya di dunia.

Hal itu berdasarkan laporan McKinsey & Co yang meneliti neraca 10 negara yang mewakili 60% pendapatan dunia.

"Kita sekarang lebih kaya dari sebelumnya," kata Jan Mischke, mitra McKinsey Global Institusi di Zurich seperti dikutip dari Straits Times yang mengutip Bloomberg, Rabu (17/11/2021).

Kekayaan bersih di seluruh dunia sebesar US$ 514 triliun pada tahun 2020. Jumlah tersebut naik signifikan dibanding tahun 2000 sebanyak US$ 156 triliun.

China menyumbang sepertiga dari kekayaan dunia tersebut. Kekayaan China tercatat mencapai US$ 120 triliun, naik tinggi dibanding tahun 2000 sebesar US$ 7 triliun.

Sementara, kekayaan Amerika Serikat (AS) tertahan oleh kenaikan harga properti yang lebih rendah. Kekayaan AS naik lebih dari dua kali lipat menjadi US$ 90 triliun.

Di dua negara ini, lebih dari dua pertiga kekayaan dipegang oleh 10% rumah tangga terkaya. Kekayaan mereka mengalami peningkatan.

Dalam perhitungan Mckinsey, 68% dari kekayaan global disimpan di real estat. Sisanya dalam bentuk infrastruktur, mesin, peralatan dan lainnya.

(acd/eds)