Mantul! Pengusaha Pariwisata Bakal Dapat BLT Rp 600 Ribu

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 20:30 WIB
Jakarta -

Pemerintah kembali menyalurkan bantuan sosial secara tunai. Jumlahnya ada Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama tiga bulan.

Bantuan produktif yang kali ini diberikan menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal menyasar kepada para pelaku usaha pariwisata yang terdampak pandemi.

"Ada bantuan produktif untuk pelaku usaha pariwisata Rp 600 ribu, tiga kali bayar," ungkap Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers virtual usai rapat terbatas di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

Kemudian, mengenai siapa saja pihak yang akan mendapatkan bantuan ini dan di mana saja lokasinya akan ditetapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Yang jelas bantuan ini bakal cair pada akhir bulan ini atau paling lambat awal bulan depan.

"Bantuan ini diharapkan akan bantu sektor pariwisata yang terdampak pandemi," ujar Sri Mulyani.

Di sisi lain, pemerintah akan terus menyalurkan anggaran untuk kebutuhan COVID-19, salah satunya untuk membayar klaim pasien COVID-19 sebanyak 713,9 ribu orang. Insentif tenaga kesehatan juga akan tetap disalurkan kepada 1,26 juta orang.

Pemerintah juga akan melakukan penyertaan modal negara (PMN) untuk BUMN hingga akhir tahun. Sri Mulyani mengatakan Hutama Karya akan mendapatkan Rp 25 triliun dan Waskita Karya akan mendapatkan Rp 7,9 triliun.

"Kita akan selesaikan investasi untuk BUMN, yang dapat penugasan pemerintah, seperti Hutama Karya dapat PMN dari Rp 6,2 triliun jadi Rp 25 triliun, dan Waskita Rp 7,9 triliun," ungkap Sri Mulyani.

(hal/ara)