Perkuat Ekonomi Digital, Jokowi Minta Pendidikan SDM Ditingkatkan

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 19 Nov 2021 09:53 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Tangkapan layar YouTube Peparnas XVI Papua 2021
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar ekosistem ekonomi digital diperkuat dengan menyiapkan sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dapat ditempuh, yakni melalui Digital Leadership Academy yang telah diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Inilah disrupsi yang memang kompleksitasnya juga semakin bertambah. Oleh sebab itu itu kita semuanya harus cepat mengantisipasi dan harus mempersiapkan diri harus hati-hati," ujar Jokowi, Kamis (18/11).

Ia menegaskan SDM digital yang memadai akan menjadi kekuatan besar untuk membangun ekonomi digital Indonesia.

"Yang paling penting adalah SDM. Kebutuhan ini sudah kebutuhan besar untuk membangun ekonomi digital. SDM tingkat dasar, SDM tingkat menengah urusan IoT, cloud computing, hingga big data," paparnya.

Ia menambahkan program Digital Leadership Academy menjadi salah satu cara efektif untuk membentuk talenta digital Tanah Air. Ia pun meminta jajarannya menjalin kerja sama untuk menggarap program tersebut.

"Hingga saya sampaikan segera cari partner kerja sama. Kemarin sudah ketemu dengan Oxford, Harvard, NUS dan Tsing Hua," ungkap Jokowi.

"Kalau kita ingin cepat, mungkin kita sendiri nggak mungkin sekarang ini. Tinggal (bagaimana agar) segera yang namanya ekosistem digital itu bisa terbentuk dan bisa segera bisa kita jalankan," imbuhnya.

Jokowi menyampaikan pemerintah berupaya memanfaatkan ekonomi digital agar menjadikan Indonesia lebih maju. Ia menyebut potensi ekonomi digital RI sangat besar.

"Kita juga punya kekuatan di sini punya pasar besar dan sekarang ini kita memiliki startup 2.229. Kemudian potensi ekonomi digital sampai 2025 kurang lebih US$ 124 miliar," urai Jokowi.

Halaman Selanjutnya: Pengembangan Infrastruktur Digital