ADVERTISEMENT

Pelaku UMKM Wajib Punya Laporan Keuangan Kalau Mau Naik Kelas

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 19 Nov 2021 16:46 WIB
Ilustrasi bisnis plan
Foto: shutterstock
Jakarta -

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus mampu memahami konsep pengelolaan keuangan bisnis. Dengan kondisi keuangan yang baik maka pengembangan bisnis ke depan akan semakin mudah.

Mulai dari pembukuan arus masuk dan keluar hingga proses pencatatan laporan keuangan sederhana. Saat ini proses pencatatan sudah bisa dilakukan secara digital tak perlu lagi buku manual.

CPO dan Founder Chatat.id Grandy Prajayakti mengungkapkan pengelolaan keuangan ini bisa membantu pelaku UMKM untuk menjalani usaha. "Dengan pencatatan keuangan yang baik, pelaku UMKM bisa naik kelas dan usahanya akan semakin berkembang," kata dia, Jumat (19/11/2021).

Grandy mengatakan Chatat.id sendiri telah membantu lebih dari 25,000 UMKM dalam menjalankan usahanya dan bekerja sama dengan berbagai institusi keuangan dan komunitas untuk membantu user-usernya agar kegiatan usaha dapat menjadi lebih efisien dengan menggunakan aplikasi pendamping bisnis seperti Chatat.id.

Dalam Festival Toba Vaganza, Chatat.id hadir pada rangkaian acara tanggal 13 November 2021 yang dihadiri kurang lebih oleh 30 pelaku usaha binaan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan tanggal 15-16 November 2021 yang terdapat 24 booth UMKM yang tersebar di daerah Danau Toba, Sumatera Utara.

Para pelaku usaha sangat antusias terhadap topik yang dibahas dalam webinar, terutama terkait penggunaan aplikasi Chatat yang cocok menjadi pendamping usaha serta memudahkan usaha mereka.

Festival Toba Vaganza ini bertujuan untuk membantu UMKM agar lebih memahami konsep pengelolaan keuangan bisnis mereka.

Banyaknya peluang dan potensial dari UMKM di Sumatera Utara khususnya di daerah Danau Toba seperti mengembangkan usaha kerajinan tangan, makanan khas daerah, dan berbagai jenis produksi cindera mata khas Danau Toba lainnya dengan mendigitalisasi keuangan UMKM dan naik kelas bersama Chatat.id.

(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT