Bandel! 3 Pilot Cathay Pacific Dipecat Usai Langgar Prokes COVID-19

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 19 Nov 2021 19:48 WIB
Ilustrasi Pilot
Foto: (iStock)
Jakarta -

Tiga orang pilotnCathay Pacific dipecat setelah mereka terinfeksi virus Corona di kota Frankfurt, Jerman. Pemecatan dilakukan perusahaan karena ketiga pilot tersebut melanggar prosedur dan protokol kesehatan COVID-19.

Dilansir dari CNN, Jumat (19/11/2021), maskapai penerbangan Hong Kong ini mengatakan dalam sebuah penyelidikan internal telah menemukan bahwa pilot-pilot yang dipecat tadi terlibat dalam pelanggaran serius prosedur COVID-19 selama singgah di Frankfurt.

"Setelah penyelidikan kasus-kasus ini, temuan menunjukkan pelanggaran serius terhadap prosedur COVID-19 selama awak kami singgah di luar negeri. Kini, orang-orang yang bersangkutan tidak lagi dipekerjakan oleh Cathay Pacific," kata perusahaan dalam pernyataannya.

Cathay tidak memberikan deskripsi rinci tentang apa yang dimaksud dengan pelanggaran serius. Maskapai hanya mengatakan akan terus meninjau protokol perusahaan setelah insiden itu.

Cathay Pacific mengaku sangat menyesal insiden pelanggaran berat terjadi dan dilakukan oleh pilotnya. Mereka menyatakan meskipun ada pelanggaran prosedur COVID-19, insiden itu tidak meluas.

"Profesionalisme, kepatuhan, dan ketahanan semua karyawan kami dalam menegakkan operasi yang aman selama periode ini sangat luar biasa dan kami percaya kasus ini adalah insiden yang terisolasi," ungkap perusahaan.

Biro Transportasi dan Perumahan Hong Kong menggambarkan pelanggaran itu sangat berat dan sangat memalukan. Pemerintah mendesak maskapai penerbangan untuk secara ketat mematuhi persyaratan peraturan anti COVID-19 untuk mencegah insiden lebih lanjut.

(hal/dna)