RI Harus Tambah Jumlah Wirausahawan, Begini Caranya

Dana Aditiasari - detikFinance
Minggu, 21 Nov 2021 17:18 WIB
Wirausahawan
Foto: Wirausahawan
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi pernah menyampaikan, tingkat kewirausahaan atau entrepreneurship di Indonesia masih lebih rendah jika dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.

Dia mengatakan, jumlah wirausaha Tanah Air saat ini baru sekitar 1,65% dari total penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Sementara itu, jika melihat negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand, tingkat kewirausahaannya sudah cukup jauh dari Indonesia.

Namun, untuk menggenjot jumlah wirausaha tak bisa serta merta dilakukan seperti membalik telapak tangan. Ada beberapa proses yang perlu dilakukan agar populasi pelaku usaha di tanah air bisa bertambah. Hal paling mendasar yang perlu dilakukan adalah dengan menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Berangkat dari sana, sejumlah mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) Jakarta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi pasca sarjana program Business Leadership Executive MBA Angkatan 28 ("BLEMBA 28"), bekerja sama dengan Yayasan Jajan Pahala, melakukan kegiatan mengajar, bermain dan berdonasi di Pondok Pesantren As-Shofiani yang berlokasi di Babelan, Bekasi Utara, pada hari Minggu, 21 November 2021.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi instansi Pendidikan untuk berbagi ke komunitas yang membutuhkan.

Kegiatan BLEMBA Mengajar ("BLAJAR") yang dilakukan pada tanggal tersebut mempunyai tujuan khusus yaitu berbagi pengetahuan kepada para siswa dan siswi yang berada dalam naungan Pondok Pesantren As-Shofiani tentang pentingnya arti menabung serta berbagi inspirasi tentang kewirausahaan dari sejumlah mahasiswa BLEMBA 28 yang sudah terjun langsung mencicipi proses menjadi seorang wirausaha.

Dalam kegiatan BLAJAR ini, BLEMBA 28 juga memberikan donasi melalui Yayasan Jajan Pahala kepada pihak pondok pesantren sebagai bentuk dukungan dari banyak pihak seperti mahasiswa, kampus SBM-ITB Jakarta, sponsor dan juga masyarakat umum yang berpartisipasi melalui pembukaan donasi.

Bersambung ke halaman selanjutnya.