Jokowi soal Geopark: Jaga, Jangan Dirusak & Dieksploitasi!

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 10:44 WIB

Jokowi menjelaskan kunci utama yang menentukan keberhasilan pengembangan Geopark adalah tata kelola yang harus terus diperbaiki agar semakin baik. Orang nomor satu di Indonesia itu meminta dalam pengembangannya melibatkan pegiat Geopark, akademisi dan masyarakat sekitar.

"Lahirkan gagasan yang inovatif, lakukan terobosan konkrit yang menyeimbangkan antara konservasi dengan ekonomi. Saya berharap semua elemen bangsa bergerak menjadi bagian dari gerakan konservasi Geopark sekaligus melakukan upaya untuk memperkuat masyarakat sekitarnya untuk mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata sehingga masyarakat mendapatkan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan mereka," tandasnya.

Untuk diketahui, Indonesia sebagai negara yang berada di ring of fire memiliki banyak Geopark yang tersebar di seluruh Tanah Air seperti Geopark Batur sebagai pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) pada 2012, lalu ada Geopark Gunung Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba dan sebagainya.


(aid/fdl)