PPKM Tetap Bisa Cari Kerja, Begini Caranya

ADVERTISEMENT

PPKM Tetap Bisa Cari Kerja, Begini Caranya

Elsa Azzahra - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 17:08 WIB
tenaga kerja asing
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Jobs.id sebagai salah satu portal karir terdepan di Indonesia dan bagian dari portofolio utama PT Qerja Manfaat Bangsa (Qerja) kembali menggelar Jobs.id Virtual Week Session 3 yakni sebuah bursa kerja daring atau virtual job fair untuk mempertemukan potensi terbaik anak bangsa dengan peluang karir dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia.

Dalam ajang kali ini, Jobs.id menawarkan ratusan peluang karir dari lebih 100 perusahaan lintas sektor selama tanggal 22 - 28 November 2021.

Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta dapat mengikuti serangkaian acara yang terdiri dari virtual job fair, virtual interview dengan perusahaan, live webinar dengan para profesional di bidangnya.

Direktur PT Qerja Manfaat Bangsa, Raynata menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sudah pada jalur yang tepat menyongsong pemulihan ekonomi, dan di saat yang sama permintaan atas talenta-talenta terbaik harus segera dimulai melalui cara-cara inovatif dan efisien, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dalam mencari SDM unggul yang tersedia.

Jobs.id Virtual Week kali ini mengusung tema #BanggaKerjaDiUMKM, yang bertujuan meningkatkan minat kerja kerja generasi milenial untuk memilih jenis perusahaan rintisan atau start-up yang dalam bahasa nasional kita dikenal dengan UMKM yang ada diseluruh Indonesia yang saat ini membuka kesempatan kerja yang sangat menjanjikan.

"Jobs.ID adalah platform yang mampu menciptakan sinergi antara kebutuhan para pencari kerja dengan perusahaan agar dapat memperoleh SDM terbaik dan secara efisien menjawab tantangan zaman, khususnya selama pandemi Covid-19 berlangsung. Teknologi menjadi jawaban untuk kita tetap produktif dan memberikan solusi berkelanjutan bagi seluruh Angkatan kerja yang tersedia," tegas Raynata, dalam Siaran Pers, Senin (22/11/2021).

Pada seri-3 kegiatan Jobs.id Virtual Week kali ini, Jobs.id memberikan kesempatan para UMKM untuk menjadi peserta kegiatan Job Fair tanpa dikenakan biaya, dan sekaligus meningkatkan literasi digital UMKM khususnya dalam tata kelola sumber daya manusia. Harapannya, UMKM mendapatkan akses tenaga kerja yang berkualitas, dengan terampil, dan siap untuk bekerja.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Sebagai upaya mendukung program strategis pemerintah, Jobs.id juga membangun kolaborasi dengan program Kartu Prakerja. Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) mengapresiasi sinergi para pelaku usaha untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional, khususnya dalam aspek ketenagakerjaan yang menjadi isu utama saat ini.

"Kami sepakat bahwa perlu ada jembatan yang terintegrasi antara supply dan demand dalam tata kelola ketenagakerjaan. Program Kartu Pra Kerja adalah program yang dirancang untuk dapat berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, salah satunya Jobs.ID khususnya dalam peningkatan kapasitas SDM dan menjadi medium untuk penyaluran potensi tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan. Saya berharap, program ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pencari kerja", jelas Denni.

Denni juga menambahkan, penerima program Kartu Prakerja didorong untuk berpartisipasi aktif dalam Jobs.id Virtual Week Session 3 untuk mendorong penyerapan tenaga kerja dan mendukung kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia dalam menemukan talenta yang sudah siap ke dunia kerja.

Sejak diluncurkan pada Maret 2020, program Kartu Prakerja telah membantu lebih dari 11,4 juta angkatan kerja dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk mengakses dan mendapatkan pelatihan secara online, Sebaran penerima program Kartu Prakerja yang luas ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan UMKM yang ada di Indonesia.

Tujuan lain dari keikutsertaan program Kartu Prakerja di dalam Jobs.id Virtual Week kali ini adalah juga mengedukasi UMKM tentang pengaruh kualitas SDM terhadap bisnis mereka.

Jobs.id Virtual Week Session 3 akan diselenggarakan selama 7 hari, mulai Senin, 22 November hingga Minggu, 28 November, mulai pukul 09.00 - 18.00 WIB. Kegiatan ini juga bersifat gratis bagi para pencari kerja sehingga tidak akan dikenakan biaya apapun ketika melakukan registrasi.

Pencari kerja cukup mengisi form yang telah disiapkan dan akan mendapatkan konfirmasi melalui email untuk keikutsertaan dalam kegiatan ini selama satu minggu penuh. Para pencari kerja cukup mengakses link registrasi melalui website www.jobs.id atau langsung melakukan pendaftaran pada link di www.jobs.id/virtualweek-registration.

Kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan webinar dengan materi yang bervariasi yang dibawakan oleh pembicara profesional dari berbagai latar belakang dan industri untuk berbagi wawasan dan insight terkait dunia kerja profesional dan pengembangan diri kepada jobseekers.

Pada kesempatan ini, Jobs.id Virtual Week Session 3 menghadirkan lebih dari 100 perusahaan dan UMKM dari berbagai industri seperti Bank KB Bukopin, Bank Danamon, Ruangguru, Telkomsigma, KalbeFarma, Shopee Indonesia, KitaBisa, Sasa Inti dan masih banyak lagi.

Selain perusahaan yang membuka lowongan dan melakukan kegiatan virtual interview, di rangkaian acara ini pun akan menghadirkan live webinar bersama para pakar di bidangnya untuk menambah kompetensi dan skill para pencari kerja

"Kolaborasi ini merupakan bagian dari peran aktif Jobs.id dalam menyukseskan program pemerintah dengan membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi lulusan penerima program Kartu Prakerja untuk lebih mengeksplorasi dunia kerja, dan kolaborasi ini juga bertujuan mempertemukan UMKM dengan kandidat yang sudah mendapat sertifikat dari pelatihan di Kartu Prakerja", tutup Raynata.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT