Cerita 'Warung Kopi' Kebanjiran Order Berkat Penyesuaian Tarif Ojol

Elsa Azzahra - detikFinance
Selasa, 23 Nov 2021 14:40 WIB
Ilustrasi GoFood
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Penerapan tarif baru yang diberlakukan Gojek untuk layanan GoFood jarak dekat (0 sampai 2 kilometer) mendapatkan respon positif dari merchant GoFood, pasalnya jumlah ojol yang datang mengambil pesanan ke merchant mengalami peningkatan sejak tarif itu berlaku.

Salah salah merchant yang merasakan dampak positif pemberlakuan tarif baru tersebut adalah Cold 'n Brew, kedai kopi yang beroperasi di Kota Solo, Jawa Tengah.

Ardy, Chief Operating OfficerCold 'n Brew menyebut jumlah pemesanan via GoFood meningkat menjadi 40 - 45 persen dari total pesanan reguler.

"Setelah adanya penurunan tarif untuk pemesanan jarak dekat satu minggu ini, meningkatkan sekali jumlah orderan yang masuk dari customer reguler kita, yang biasanya dari omzet hanya sekitar 30 persen, sekarang bisa 40 - 45 persen," kata Ardy, Senin (22/11/2021).

Kebijakan penurunan tarif jarak dekat, menurut dia, juga membantu merchant untuk menjangkau konsumen terdekat lebih banyak lagi.

"Kalau dilihat dari traffic-nya, untuk saat ini karena ada penurunan tarif jarak dekat, konsumen di sekitar merchant yang belum coba Cold 'n Brew akhirnya memilih untuk membeli lewat aplikasi GoFood," katanya.

Selain itu, penurunan tarif tersebut juga membantu meningkatkan orderan mitra Gojek di sekitar outlet yang baru saja mereka buka. Saat ini Cold 'n Brew memiliki empat outlet, yakni di Veteran, Wahidin, Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (UNS), dan yang terbaru di Fajar Indah.

"Saat ini kami baru saja membuka cabang, biasanya konsumen akan memesan makanan dan minuman di merchant terdekat. Dengan tarif yang lebih murah, pemesanan di outlet baru juga bisa meningkat," tambah Ardy.

Bersambung ke halaman selanjutnya.