Jadi Alasan Anggiat Cekcok dengan Arteria-Ibu, Ini Aturan Pipis di Pesawat

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 24 Nov 2021 16:11 WIB
Jakarta -

Awal mula terjadinya cekcok antara Anggiat Pasaribu dan anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan beserta ibundanya di Bandara Soekarno-Hatta terungkap. Kondisi Anggiat saat itu ternyata sedang buru-buru lantaran mengalami sakit gigi dan kebelet buang air kecil.

Toilet pesawat atau lavatory memang merupakan salah satu kebutuhan vital bagi penumpang. Namun tetap ada aturannya lho dalam menggunakan toilet pesawat bahkan terkadang penumpang harus menahan ketika sedang kebelet.

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan terdapat beberapa aturan mengenai penggunaan toilet pesawat. Aturan pertama yakni dilarang untuk menggunakan toilet saat pesawat dalam proses tinggal landas atau pendaratan.

"Dilarang saat pesawat dalam proses tinggal landas atau pendaratan," ujar Alvin kepada detikcom, Rabu (24/11/2021).

Dilansir Gizmodo, menggunakan toilet kabin sebelum pesawat berada di posisi aman untuk lepas landas atau mendarat melanggar peraturan penerbangan internasional. Tak hanya penumpang, pilot dan pramugari yang tak melarang penumpangnya melakukan hal tersebut bisa dihukum.

Keselamatan penumpang menjadi alasan utama dalam hal ini karena masa lepas landas dan mendarat pesawat merupakan momen paling krusial, sehingga penumpang diminta tetap berada di bangku mengenakan sabuk pengaman.

Ditambah, toilet kabin juga tak memiliki alat keselamatan penerbangan. Permukaan bagian di kamar mandi juga terbilang berbahaya jika harus berbenturan dengan badan saat pesawat mengalami guncangan. Karena penggunaan toilet pesawat dilarang saat mendarat, maka penumpang bisa memanfaatkan toilet di terminal bandara.

Penggunaan toilet pesawat dilarang saat kondisi lain. Cek halaman berikutnya.