5 Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Cara Membuatnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 24 Nov 2021 18:03 WIB
ilustrasi surat
Foto: thinkstock
Jakarta -

Surat permohonan adalah salah satu surat resmi yang berisi permintaan tentang suatu hal kepada pihak lain. Surat permohonan sendiri dibuat dengan tujuan mendapat sesuatu yang kita minati secara formal dan sopan.

Jika hendak membuat surat ini, tentu kamu harus memakai bahasa yang sopan sesuai ejaan yang benar serta menyampaikan maksud dan tujuan secara singkat dan jelas. Selain itu, surat permohonan juga tetap harus ditulis secara ringkas, singkat sehingga mudah dipahami oleh pihak yang dituju.

Nah, supaya tidak salah saat membuat surat permohonan, melansir dari akseleran.co.id, berikut contoh-contoh surat permohonan yang mewakili beragam tujuan pembuatannya:

1. Contoh Surat Permohonan Izin

Komunitas Lebah Ganteng
Sekretariat: Jl. Bugenvil No. 21B, Malang
Telp. 085729006007; email: sabskrepdong@gmail.com

Malang, 20 April 2017
No : 05/SP/IV/2017
Hal : Permohonan Izin Kegiatan Bakti Sosial

Yth. Kepala Desa Gampingkidul
di tempat
Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati hari jadi Komunitas Lebah Ganteng yang kelima, kami bermaksud mengadakan acara bakti sosial di lingkungan wilayah kerja Bapak pada

Hari, tanggal : Minggu, 5 Mei 2017
Waktu : 09.00-selesai
Tempat : Balai Desa Gampingkidul
Kegiatan : Pembagian bibit tanaman gratis dan Penyuluhan kesehatan lingkungan

Bersama surat ini, kami bermaksud memohon izin untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus menggunakan balai desa untuk tempat acara.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Kami harap permohonan kami dapat diterima dan diberikan izin agar pelaksanaan acara berjalan lancar. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
Ketua Panitia

Ade Irma

2. Contoh Surat Permohonan Sponsor/Bantuan

Kelompok Kuliah Kerja Nyata 76
Universitas Pahlawan Bangsa
Telp. 085729006007; email: kkn76upb@gmail.com

Yogyakarta, 15 Mei 2017
No : 17/SP/V/2017
Lampiran : 1 bendel proposal
Hal : Permohonan Sponsor

Yth. Direktur PT. Segara Alam
di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Mangunjiwo, Yogyakarta, pada bulan Juni-Juli 2017, kami selaku kelompok KKN 76 akan mengadakan berbagai kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat setempat. Tema yang kami angkat adalah "Kemandirian Desa Demi Kesejahteraan Bersama". Salah satu kegiatan yang akan kami laksanakan adalah pengadaan alat-alat pertanian untuk membantu petani setempat meningkatkan hasil panen.

Oleh karena itu, kami bermaksud mengajukan permohonan sponsor kepada perusahaan Bapak/Ibu. Adapun rincian kegiatan serta anggaran terlampir dalam proposal yang kami sertakan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, Bapak/Ibu dapat menghubungi kontak yang tertera.

Demikian surat permohonan sponsor ini kami sampaikan. Besar harapan kami perusahaan Bapak/Ibu dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
Koordinator Mahasiswa

Fahmi Yudha

Lanjut halaman berikutnya.