ADVERTISEMENT

Diminta Gandeng UMKM, Begini Jurus BUMN Kembangkan Bisnis

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 13:31 WIB
Bisnis online
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Berbagai terobosan mesti dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi. Salah satu caranya ialah mendorong BUMN bermitra dengan berbagai pihak, dari swasta hingga UMKM supaya siap menghadapi kompetisi.

"Kita harus berkolaborasi dan gotong royong dalam menghadapi kompetisi yang terjadi saat ini. Baik itu BUMN dengan swasta, BUMN dengan UMKM, dan BUMN dengan pengusaha daerah maupun investasi luar negeri," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021).

Untuk menggandeng mitra ini, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI turut berpartisipasi dalam KIM Investment Expo yang digelar 25-27 November 2021. Sebab, acara ini merupakan ajang bertemunya para investor.

Manajer Humas dan Kelembagaan PPI Ira Berlianty mengatakan, acara tersebut merupakan sebuah terobosan khususnya di wilayah Sumatera Utara. Dalam acara tersebut, PPI menawarkan berbagai produk dan jasa trading logistik.

"Ini adalah satu hal terobosan yang baik khususnya di wilayah Sumatera Utara sebagai pintu gerbang dari Malaka, dan tentu dalam pemulihan ekonomi nasional. PPI hadir disini, dengan menawarkan produk dan jasa trading logisitik dengan model bisnis yang dapat disesuaikan, seperti dalam proses penggabungan dengan BGR kedalam PPI ini kami mengetengahkan layanan jasa waste integrated solution dalam pengolahan limbah terpadu B3 maupun non B3," ujarnya.

Selain itu, PPI cabang Medan juga menampilkan jenis produk yang digarap selama ini yaitu insektisida & herbisida Dharmabrand, kopi Covare, minyak goreng Panganesia, farmasi dan alat kesehatan, gula serta produk BUMN Klaster Pangan.

Kushendratmo Branch Manager PPI cabang Medan mengatakan, PPI terus memperluas sinergi dengan para pihak dalam membantu ketersediaan pangan, kesehatan dan kebutuhan industri di Sumatera Utara. Dengan KIM ini, pihaknya berharap dapat menggarap potensi industri secara masif.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT