ADVERTISEMENT

Sukses Jinakkan Dampak Delta ke Ekonomi, Sri Mulyani Pede Lawan Omicron

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 16:11 WIB
Ilustrasi dan Profil Sri Mulyani
Foto: Sri Mulyani Pede Lawan COVID varian Omicron (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Omicron merupakan varian baru COVID-19 yang kini menghantui dunia. Varian yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan ini sudah mulai menjangkiti berbagai negara di dunia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis Indonesia bisa mengatasi varian omnicron. Sebab diakuinya pemerintah sudah berhasil mengendalikan varian delta yang juga sempat mengganas.

"Keberhasilan pemerintah mengendalikan varian delta dan terpelihara kedisiplinan protokol kesehatan dan kehati-hatian, diharapkan akan jadi bekal kuat dalam hadapi ancaman baru, munculnya varian baru yaitu omicron COVID-19," tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (29/11/2021).

Sri Mulyani juga yakin ekonomi RI di 2022 masih akan melanjutkan pemulihan yang semakin kuat. Salah satu faktor penentunya adalah penanganan pandemi COVID-19.

"Kasus harian COVID-19 telah turun, progres vaksinasi di akhir tahun 2021 dapat mencapai 284,3 juta atau 52,6% penduduk dengan asumsi vaksinasi 1,5 juta dosis per hari. Apabila vaksinasi dapat dilaksanakan 2 juta dosis per hari maka pada akhir 2021 akan mencapai 301,8 juta dosisi atau 55,9% penduduk," ucapnya.

Sri Mulyani juga menegaskan, meskipun saat ini masih dalam situasi pandemi, pemerintah masih terus melakukan program reformasi struktural. Tujuannya untuk memperbaiki iklim usaha, daya saing dan meningkatkan produktivitas untuk mendorong transformasi ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi RI.

(das/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT